Cara Perpanjang SIM Online, Alternatif Saat Libur Lebaran 2022

Bisa dilakukan di rumah, cara perpanjang SIM online semakin mudah dengan adanya aplikasi Digital Korlantas Polri

Cara Perpanjang SIM Online, Alternatif Saat Libur Lebaran 2022
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Hanya berlaku selama 5 tahun, pemilik Surat Izin Mengemudi atau SIM harus melakukan perpanjangan secara rutin. Guna memberi kemudahan kepada masyarakat pihak Kepolisian memberi banyak kemudahan, mulai dari Satpas SIM, Gerai SIM, SIM Keliling hingga melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.

Tak perlu menyambangi lokasi, cara perpanjang SIM online ternyata sangat mudah. Meski demikian saat ini hanya golongan A dan C saja yang bisa diperpanjang melalui aplikasi.

Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur Sinar (SIM Presisi Nasional). Pemohon yang hendak melakukan perpanjang SIM online bisa menggunakan fitur tersebut.

Sebelum mengisi data permohonan perpanjangan SIM online, pemohon harus menyiapkan beberapa dokumen pendukung, seperti foto fisik E-KTP, foto fisik SIM, foto tanda tangan di atas kertas putih dan pas foto berlatar belakang biru.

Photo : NTMC Polri

Perlu diketahui bahwa pas foto harus sesuai dengan aturan berlaku. Aturan tersebut adalah berukuran 480x640 pixel, tidak menggunakan kacamata dan hijab berwarna biru, tidak menggunakan penutup kepala seperti topi dan wajah harus menghadap ke depan.

Selain itu, pemohon juga diwajibkan untuk melakukan pengecekan kesehatan jasmani dan rohani di situs erikkes.id serta tes psikologi pada situs epPsi.

Pemohon pun diminta untuk menyiapkan data rekening pengembalian aktif. Bila pengajuan perpanjngan SIM dibatalkan karena tidak memenuhi syarat maka dana akan dikembalikan ke rekening pengembalian pemohon dikurangi biaya admin Rp10.000 dan biaya transfer antar bank (selain BNI) Rp6.500.

Photo : Digital Korlantas Polri

Cara Perpanjang SIM Online

  • Pilih ikon ‘Sinar’ pada aplikasi
  • Pilih golongan SIM yang hendak diperpanjang kemudian lengkapi dokumen. Pastikan juga melampirkan hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi dari situs erikkes.id dan aplikasi epPsi.
  • Setelah itu, isi rekening pembayaran untuk pengembalian dana jika terjadi pembatalan perpanjangan SIM online.
  • Pilih metode pengambilan SIM yang terdiri dari pemgambilan langsung oleh pemohon, diambil oleh perwakilan (dilengkapi surat kuasa) atau menggunajan jasa pengiriman. Setelah rampung, pemohon perpanjangan SIM online dapat melakukan pembayaran melalui akun virtual account BNI.
  • Setelah melakukan pembayaran, SIM akan dicetak dan akan dikirimkan sesuai metode pengambilan pilihan. Jika memilih menggunakan jasa pengiriman, maka SIM akan dikirimkan sesuai alamat pemohon.

Artikel Terkait