Cara Sederhana Cegah Ngantuk Berkendara Saat Puasa

Ada banyak cara untuk cegah ngantuk berkendara saat puasa khususnya ketika melakukan perjalanan jauh seperti mudik

Cara Sederhana Cegah Ngantuk Berkendara Saat Puasa
Photo: Wuling

TRENOTO – Meski menyenangkan, mudik sebenarnya bukanlah kegiatan mudah hingga dapat dilakukan tanpa persiapan serta perencanaan matang. Pasalnya, perjalanan tersebut biasanya dilakukan dalam jarak jauh dan memakan waktu yang tidak sedikit.

Terlebih karena bulan Ramadhan ada perubahan waktu makan dan tidur, metabolisme tubuh dapat berubah. Kondisi tersebut membuat seseorang menjadi lebih mudah lelah kemudian mengantuk khususnya pada pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB

Bagi mereka yang berpuasa, pada pukul tersebut tubuh sedang berada pada titik terendah karena kurangnya asupan cairan. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa kantuk sehingga berbahaya bila memaksakan diri untuk mengemudi.

Namun, berdasarkan situs Auto2000, ada beberapa cara efektif untuk menghindari rasa kantuk. Kuncinya adalah pada kesedaran serta kedisiplinan sang pengemudi sebelum melakukan perjalanan.

Tips Cegah Ngantuk Berkendara Saat Puasa

Photo : Auto2000

Disiplin mengatur jam tidur 

Seperti yang sudah disampaikan di atas, waktu tidur di bulan puasa pastinya berubah namun bukan berarti kualitasnya harus berkurang. Untuk itu tidak ada salahnya untuk beristirahat lebih awal agar mendapatkan kualitas dan kuantitas terbaik.

Selain itu, selalu usahakan untuk tetap terpapar sinar matahari di siang hari agar jam biologis lebih kuat. Hindari pula cahaya dari layar gadget atau televisi sebelum tidur malam untuk mencegah kelelahan.

Hindari makan terlalu kenyang

Jangan makan terlalu kenyang saat sahur karena justru membuat lebih cepat mengantuk dan kembali tidur di pagi hari sehingga malas melanjutkan aktivitas. Padahal di waktu yang sama harus mengemudi mobil.

Sisa kantuk yang masih tertinggal dapat membuat refleks dan konsentrasi tubuh menurun, sehingga berbahaya jika dipaksakan. Kendalikan nafsu makan ketika buka puasa mengingat masih harus menyetir mobil.

Artikel Terkait