Cara Sederhana Merawat Keyless System pada Motor

Merawat keyless system sebenarnya sangat sederhana meski merupakan sebuah fitur yang terbilang modern

Cara Sederhana Merawat Keyless System pada Motor
Photo: Istimewa

TRENOTO – Sistem keyless belakangan sudah menjadi sebuah fitur yang cukup umum dimiliki oleh sepeda motor. Dengan adanya teknologi tersebut maka pengendara akan lebih dimanjakan karena tidak perlu mengeluarkan anak kunci dari kantong saat hendak berkendara.

Selain praktis, sistem keyless juga memiliki beragam keunggulan lain. Salah satunya adalah membuat kendaran menjadi lebih sulit dicuri ketimbang menggunakan kunci konvensional. Karena pada sistem tersebut tidak ada stop kontak sehingga akan menyulitkan pencuri kendaraan.

Photo : Istimewa

Sayangnya, selain kemudahan yang ditawarkan oleh sistem kunci motor modern, masih banyak orang kurang paham merawatnya agar tetap berfungsi maksimal. Berikut adalah beberapa cara merawat keyless system yang sederhana dikutip dari beberapa sumber.

  1. Hindari menekan knob bila smart key tidak di dekat motor. Pastikan untuk mengoperasikan knob sebagai pengganti kunci kontak dengan normal untuk mencegah terjadinya kerusakan mekanis.
  2. Selalu pastikan bahwa remote tidak terjatuh dan kondisinya selalu kering. Meski sudah dilengkapi dengan seal anti air, tidak ada salahnya untuk mencegah kerusakan dengan memastikan remote selalu kering sebelum dinyalakan agar tak terjadi hubungan arus pendek.
  3. Hindari radiasi elektromagnet seperti handphone, televisi dan sebagainya. Langkah ini untuk menghindari terjadinya gangguan sinyal pada remote.
  4. Pastikan untuk menekan tombol off pada remote setelah mematikan sepeda motor. Jika remote tidak dalam kondisi off atau masih menyala setelah motor mati, sinyal dari remote akan terus memancar sehingga menguras baterai remote.
  5. Rutin memeriksa baterai remote. Dengan rutein melakukan pemeriksaan baterai maka dapat menghindari kehabisan daya di tengah perjalanan.
  6. Selalu simpan nomor pin smart key. Dengan menyimpan nomor pin maka akan memudahkan pemilik motor menginformasikan diler bila kehilangan kunci.
  7. Tidak menyimpan remot di bagasi motor atau rak pada motor untuk mengurangi risiko kehilangan. Patut diingat bahwa bila kehilangan kunci maka konsumen harus mengganti smart unit, SGCU dan remote control.
  8. Selalu cek kebersihan socket dan jalur kabel pada smart unit sebagai penerima sinyal untuk menghindari terjadinya korsleting.

Teknologi smart key atau keyless diciptakan untuk memudahkan pengendara, namun kondisinya akan berbalik menjadi menyusahkan apabila tidak mendapat perawatan dengan baik.

Artikel Terkait