Cara Urus Tilang Elektronik, Bisa Rebahan dari Rumah

Operasi Zebra 2022 berlangsung hingga 16 Oktober, pengendara perlu mengetahui cara urus tilang elektronik saat lakukan pelanggaran

Cara Urus Tilang Elektronik, Bisa Rebahan dari Rumah
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), pihak kepolisian secara resmi menggelar Operasi Zebra 2022 hingga 16 Oktober 2022.

Dalam operasi ini, Kasubbag Ren Ops Bagops Korlantas Polri, AKBP Agung Nugroho menyebut mekanisme penindakan Operasi Zebra 2022 akan lebih mengandalkan tilang elektronik yang terpasang di sejumlah wilayah di Indonesia.

Lalu bagaimana cara urus tilang elektronik saat melakukan pelanggaran lalu lintas.

Photo : NTMC Polri

“Operasi Zebra tahun ini dilarang melaksanakan penilangan secara manual, seluruh penilangan dilaksanakan dengan sistem ETLE statis maupun mobile dan dengan teguran simpatik,” jelas Agung.

Seperti dilansir etilang.id, pengendara perlu melakukan konfirmasi apakah benar kendaraan tersebut benar miliknya saat mendapatkan surat konfirmasi penilangan dari kepolisian dengan bukti video atau foto CCTV.

Konfirmasi bisa dilakukan secara daring melalui situs resmi kejaksaan. Setelah itu, pemilik harus mengecek besaran denda yang dibayarkan.

Nominalnya akan disesuaikan dengan jenis pelanggaran. Besaran pembayaran mulai dari Rp100 ribu hingga Rp1 juta. Untuk lebih jelasnya TrenOto telah merangkum cara membayar denda secara online.

Artikel Terkait