Cek 5 Komponen Mobil Usai Mudik Lebaran 2022

Setelah melakukan perjalanan jauh di mudik Lebaran 2022, 5 komponen pada mobil perlu mengalami pengecekan

Cek 5 Komponen Mobil Usai Mudik Lebaran 2022
Photo: Suzuki Indonesia

TRENOTO – Menjadi salah satu pilihan untuk pulang ke kampung halaman, pemudik perlu mengecek beberapa komponen mobil setelah digunakan mudik Lebaran 2022. Hal ini dilakukan agar kendaraan tetap sehat dan siap menunjang aktivitas harian.

Seperti dilansir Suzuki Indonesia Senin (9/5/2022), terdapat sedikitnya 5 komponen yang perlu di periksa pemudik usai mobil menempuh jarak ratusan kilometer. Untuk lebih jelas, berikut ulasannya.

  • Oli mesin

Setelah mobil digunakan untuk perjalanan jarak jauh, hal pertama yang perlu diperiksa ialah oli mesin. Menjadi komponen penting pada kendaraan, suhu pada oli mesin biasanya semakin tinggi dan menyebabkan kekentalan berlebih.

Tak hanya itu, volume oli juga telah mengalami pengurangan. Karenanya pastikan tidak ada kebocoran pada komponen ini dengan mengecek apakah ada rembesan oli atau tidak.

Photo : Suzuki Indonesia

  • Kaki-kaki

Harus melewati beragam kondisi jalan, komponen kedua yang perlu diperiksa ialah kaki-kaki. Bekerja ekstra saat menopang bodi mobil, pastikan kondisi shock absorber, lower-arm dan tekanan angin pada ban dalam kondisi baik. 

  • Rem

Masih seputar area kaki-kaki, komponen ketiga yang perlu dicek selanjutnya ialah rem. Harus menempuh perjalanan panjang dan melalui kondisi jalan yang padat, pemilik kendaraan perlu memastikan rem masih bekerja maksimal. 

Pastikan ketebalan kampas rem dalam keadaan baik dan pemilik wajib mengganti komponen ini jika sudah mencapai batas maksimal. Jangan lupa mengecek dan memastikan takaran minyak rem sudah sesuai dengan anjuran pabrikan mobil. 

Photo : Suzuki Indonesia

  • Bahan bakar

Selama perjalanan mudik pengendara seringkali mengisi bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah dari rekomendasi pabrikan. Karena itu, memeriksa filter bahan bakar juga perlu dilakukan usai melakukan perjalanan. 

Jika sudah kotor, pemilik harus menggantinya untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam ruang bakar.

  • Interior dan filter AC

Pastikan interior bebas dari sisa makanan dan minuman setelah digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Lakukan pembersihan total mulai dari kabin sampai bagasi agar tidak menimbulkan aroma tak sedap.

Selain itu sisa makanan dan minuman akan memancing masuknya binatang atau serangga ke dalam kabin mobil. Pemilik kendaraan juga perlu membersihkan filter atau saringan udara AC usai mudik.

Itulah 5 komponen mobil yang sebaiknya dicek selepas dipakai mudik. Agar pengecekan komponen lebih maksimal, pemikik bisa menyambangi sejumlah bengkel resmi.

Artikel Terkait