Contoh Soal dan Jawaban Ujian Teori SIM, Pelajari Agar Lulus

Guna memudahkan masyarakat, Kepolisian membagikan contoh soal dan jawaban ujian teori SIM yang selama ini menjadi tantangan

Contoh Soal dan Jawaban Ujian Teori SIM, Pelajari Agar Lulus
Photo: Satlantas Polres Gianyar

TRENOTO – Membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk dapat mendapatkan surat berbentuk kartu tersebut.

Salah satu tantangan bagi banyak pemohon adalah ujian tertulis. Meski sudah bisa mengemudikan kendaraan, pemohon biasanya justru kurang paham terkait aturan lalu lintas yang menjadi soal dalam tes teori.

Hal tersebut pun disadari oleh pihak Kepolisian sehingga mereka mereka memberikan bimbingan pada para pemohon agar dapat lulus ujian. Salah satu yang melakukannya adalah Satlantas Polres Nganjuk melalui program Cerdas Mahir Ujian Teori dan Praktik (Cermat) SIM.

Photo : NTMC Polri

“Program Cermat SIM bertujuan memudahkan masyarakat yang ingin meningkatkan pengetahuan mengendarai kendaraan sebelum mengikuti ujian teori dan praktik. Persentase kelulusan program ini mencapai 82.08 persen,” ungkap AKP Indra Budi Wibowo, Kasatlantas Polres Nganjuk.

Sementara Satlantas Polres Gianyar memiliki metode berbeda. Mereka menyiapkan sebuah video berdurasi 12 menit 17 detik berisi 30 contoh soal serta kunci jawaban ujian teori.

Melalui kisi-kisi tersebut diharapkan masyarakat dapat memahami jenis soal serta mempersiapkan diri sebelum mengikuti ujian. Dengan demikian kemungkinan untuk gagal ujian pun dapat dimininalisir.

Artikel Terkait