Contraflow Resmi Berlaku di Depan Grand Cakung Hari Ini

Sistem contraflow resmi berlaku di cakung mulai dari mal Grand Cakung sampai dengan perempatan Cakung-Cilincing

Contraflow Resmi Berlaku di Depan Grand Cakung Hari Ini
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Kepolisian akan menerapkan sistem contraflow di Jalan Sri Sultan Hamengkubuwono, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur. Penerapan Contraflow resmi berlaku Senin, 13 Juni 2022 setiap hari kecuali Sabtu-Minggu dan hari libur nasional.

Penerapan sistem lawan arah akan berlangsung selama 4 jam mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Diharapkan kebijakan tersebut bisa mengurai kemacetan yang selama ini terjadi  khususnya di jam-jam sibuk.

“Mulai 13 Juni 2022, jalan di depan mal Grand Cakung sampai dengan perempatan Cakung-Cilincing akan diterapkan contraflow. Penerapannya mulai pukul 06.00-10.00 WIB saja, sorenya tidak ada, hari libur nasional juga tidak ada,” ungkap AKP Eko Prihanto, Kepala Unit Lalu Lintas Cakung.

Photo : Honda

Kebijakan lawan arah sebenarnya bukanlah hal baru. Pasalnya pada 3 sampai 11 Februari 2022 telah dilakukan uji coba dan dinilai berhasil mengurai kepadatan mulai depan Mal Grand Cakung sampai perempatan Cakung-Cilincing sebesar 20 hingga 24 persen.

Skema contraflow dikhususkan bagi kendaraan roda empat golongan I. Dengan demikian mereka dapat memasuki jalan tol Pologebang-Kelapa Gading melalui ramp jalan tol Bekasi Raya yang semula hanya satu arah menuju Bekasi.

Adapun pembagian jalur menjadi dua arah sepanjang 2 kilometer. Kemudian kendaraan diarahkan kembali masuk jalan normal jalan tol menuju Kelapa Gading.

Operasi Patuh 2022

Photo : NTMC Polri

Sistem Contraflow di pagi hari sebenarnya sudah umum dilakukan di beberapa titik jalan di DKI jakarta. Sistem ini terbilang efektif dalam mengurangi kepadatan lalu lintas tanpa harus melakukan penambahan jalan.

Meski demikian, tetap diperlukan kesadaran berlalu lintas agar tujuan dari rekayasa lalu lintas bisa tercapai sesuai harapan. Oleh karena itu, pihak Kepolisian juga menggelar Operasi Patuh 2022 agar masyarakat lebih disiplin.

Dalam operasi tersebut setidaknya ada 8 jenis pelanggaran prioritas akan menjadi fokus petugas. Mulai dari melawan arus hingga menggunajan handphone saat berkendara.

8 Pelanggaran Prioritas Operasi Patuh 2022

  • Melawan arus
  • Knalpot bising atau tidak sesuai standar
  • Kendaraan Memakai Rotator Tidak Sesuai Peruntukan
  • Balap Liar dan Kebut-kebutan
  • Menggunakan Handphone saat Berkendara
  • Tidak Menggunakan Helm SNI
  • Tidak Memakai Sabuk Pengaman
  • Berboncengan Motor Lebih dari 1 orang

Artikel Terkait