Daftar Tarif Tol Trans Jawa Terbaru Mudik Lebaran 2022

Tarif tol Trans Jawa untuk Mudik Lebaran 2022 baru-baru ini mengalami penyesuaian sehingga informasinya sangat berharga

Daftar Tarif Tol Trans Jawa Terbaru Mudik Lebaran 2022
Photo: TrenOto

TRENOTO – Mudik Lebaran tahun ini sudah diperbolehkan oleh Pemerintah dan diprediksi akan ada 85 juta orang yang melakukan aktivitas pulang kampung. Lalu sekitar 47 persen akan menggunakan jalur darat.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Balitbanghub (Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan) Kementrian Perhubungan, Jawa Tengah merupakan daerah tujuan terbanyak tahun ini. Lalu diikuti dengan Jawa Timur dan Jawa Barat sebagai daerah tujuan terbanyak para pemudik.

Disebutkan bahwa tujuan Jawa Tengah menjadi tujuan mudik terbanyak dengan angka 23.5 juta orang. Sementara Jawa Timur 16,8 juta jiwa dan Jawa Barat mencapai 14.7 juta pemudik.

Adapun puncak arus mudik tahun ini diprediksi terjadi pada 29 – 30 April 2022. Kemudian puncak arus balik akan terjadi pada 8 Mei 2022.

Mudik Lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi merupakan pilihan paling menyenangkan. Dikarenakan para pemudik akan lebih leluasa mengatur waktu keberangkatan hingga tiba di tempat tujuan.

Photo : BPJT

Oleh karena itu, penjualan mobil baru maupun bekas pada umumnya terjadi peningkatan jelang arus mudik Lebaran. Terlebih aktivitas pulang kampung dengan kendaraan pribadi, akan semakin mudah dan cepat berkat telah tersambungnya tol Trans Jawa.

Namun kerap menjadi pertanyaan berapa biaya yang harus dikeluarkan bagi para pemudik, khususnya pengguna tol Trans Jawa. Apalagi tarifnya belum lama ini mendapat penyesuaian.

PT Jasa Marga (Persero) telah merilis tarif Tol Trans Jawa untuk Mudik Lebaran 2022. Tarif yang dikenakan berlaku untuk kendaraan golongan I seperti sedan, bisa hingga mobil pikap.

Seperti dilansir akun sosial media resmi Jasa Marga, khusus tarif tol golongan I dari Jakarta menuju Cirebon Rp151.500. Adapun rutenya melalui tol Jakarta – Cikampek dan keluar di Gerbang Tol (GT) Kanci.

Photo : Jasa Marga

Lalu bagi pemudik tujuan Semarang, Jawa Tengah, pengguna tol harus menyiapkan dana sebesar Rp377.500. Dengan rute yang dilalui tol Jakarta – Cikampek dan berakhir di GT Kalikangkung di Semarang.

Bagi para pemudik dengan destinasi Solo atau Yogyakarta, diharapkan mempersiapkan uang elektronik sebesar Rp453.500. Rutenya sendiri melalui tol Jakarta – Cikampek dan keluar di GT Colomadu.

Terakhir untuk pemudik tujuan Surabaya diharapkan menyediakan uang elektronik sebesar Rp746.000. Sedangkan rutenya dari tol Jakarta – Cikampek dan menyudahinya di GT Warugunung.

Artikel Terkait