Dishub Angkut Kendaraan yang Parkir Liar di Citayam Fashion Week

Dishub angkut kendaraan yang parkir liar di Citayam Fashion Week karena dianggap ikut menyebabkan kemacetan

Dishub Angkut Kendaraan yang Parkir Liar di Citayam Fashion Week
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Banyaknya pengunjung Citayam Fashion Week tidak dibarengi dengan kemauan pengunjung parkir di tempat resmi. Banyak dari pengunjung lebih memilih memarkirkan kendaraannya disembarang lokasi, sehingga membuat kepadatan semakin parah.

Kondisi tersebut diperparah oleh semakin banyaknya masyarakat memanfaatkan trotoar dan badan jalan sebagai parkir liar. Akibatnya Dinas Perhubungan (Dishub) bersama pihak Kepolisian kesulitan dalam mengatur arus lalu lintas.

Guna memberi efek jera, Dishub dan Kepolisian pun akhirnya mengakut puluhan kendaraan dari lokasi parkir liar. Langkah ini dilakukan setelah semakin banyaknya pengunjung yang melakukan parkir liar.

Photo : NTMC Polri

“Di kawasan ini di trotoar maupun di badan jalan itu dilarang parkir. Oleh sebab itu, kami mengimbau kepada masyarakat yang akan berkunjung ke sini, silahkan menggunakan layanan angkutan umum,” kata Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Ia pun menambahkan bahwa ada sedikitnya 5 layanan angkutan umum di kawasan Dukuh Atas, mulai dari MRT, TransJakarta hingga KRL. Karena itu, dia meminta agar masyarakat dapat memarkirkan kendaraan di stasiun maupun halte terdekat.

“Di Dukuh Atas ini ada 5 layanan angkutan umum yang masih ada seperti TransJakarta, MRT KA Bandara, KRL, nanti juga LRT Jabodebek. Silahkan parkir di lokasi parkir di kawasan stasiun maupun halte TJ di daerah anda dan kemudian melanjutkan dengan layanan angkutan umum, tidak perlu membawa kendaraan pribadi,” ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga memperketat pengawasan di lapangan demi mencegah peristiwa parkir liar terulang kembali. Nantinya, pihaknya bakal menempatkan aparat gabungan polisi dan Dinas Perhubungan di sekitar lokasi.

Photo : NTMC Polri

Citayam Fasion Week kini semakin berkembang menjadi lebih ramai dibanding sebelumnya. Kondisi tersebut pun mendapat perhatian banyak pihak termasuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang ingin memindahkan pusat keramaian.

Hal ini diungkapkan oleh Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ia mengusulkan agar kegiatan yang berlangsung di jalan raya tersebut dipindahkan ke lokasi lebih luas seperti Monas, Taman Benteng atau Senayan.

“Masalah tempatnya kita sama-sama berunding, silahkan fashion week siapa saja di sana. Saya usulkan bisa saja di Monas, Plaza Selatan yang baru bisa duduk di situ karena ada tribunnya, tempatnya luas,” ujar Wagub

Artikel Terkait