Diusulkan Gratis, Ini Tarif Perpanjangan SIM April 2022

Tarif perpanjangan SIM April 2022 dipastikan masih belum mengalami kenaikan meski DPR mengusulkan untuk digratiskan

Diusulkan Gratis, Ini Tarif Perpanjangan SIM April 2022
Photo: Trenoto

TRENOTO – Surat Izin Mengemudi merupakan berkas yang harus dibawa ketika mengendarai kendaraan bermotor. Pasalnya, berkas tersebut merupakan bukti bahwa pengemudi memiliki kelayakan serta kecakapan dalam mengemudikan kendaraan.

Namun SIM memiliki masa berlaku terbatas yaitu selama 5 tahun. Lewat dari periode tersebut maka pemegangnya harus melakukan perpanjangan di lokasi-lokasi yang sudah disediakan oleh pihak Kepolisian.

Dibatasinya masa berlaku tersebut sebenarnya memiliki tujuan yang baik yaitu untuk memastikan bahwa pemegang SIM memang masih memiliki kemampuan berkendara. Dengan demikian terjadi risiko kecelakaan dalam diperkecil.

Photo : Trenoto

Memperpanjang SIM pun sebenarnya tidak bisa dilakukan sembarangan karena pemiliknya harus dites kesehatannya terlebih dahulu. Selain itu, Kepolisian juga tidak mentolelir adanya keterlambatan, walau hanya satu hari saja.

Selain harus membawa berkas pendukung seperti SIM lama KTP baik asli dan fotokopi, mereka juga harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tentang Jenis dan Tarif Jenis Penerimaan Bukan Pajak (PNBP).

Namun dalam rapat dengan pendapat Komisi III DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI dengan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas), serta Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabauntelkam) Mabes Polri, biaya perpanjangan SIM diusulkan gratis.

“Kalau saya sepakat itu bisa gratis, biaya perpanjangan SIM dan pembuatan SKCK, minimal pada masa pandemi covid-19. Itu bisa membantu masyarakat yang dihadapkan pada persoalan ekonomi,” ucap Habiburokhman, Anggota Komisi III DPR RI, seperti dikutip Antara.

Sementara hingga saat ini usulan tersebut belum menjadi keputusan Pemerintah. Adapun masyarakat harus tetap beraktivitas dan di berikut ini daftar tarif perpanjangan SIM April 2022.

Artikel Terkait