Dukung Transisi Kendaraan Listrik, Ini Tugas Kemenperin

Mendapat tugas khusus terkait transisi kendaraan listrik, Kementerian Perindustrian berkomitmen mendukung transformasi

Dukung Transisi Kendaraan Listrik, Ini Tugas Kemenperin
Photo: 123RF

TRENOTO – Sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai kendaraan dinas, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dukung transisi kendaraan listrik dan mendapat tugas untuk melakukan percepatan produksi. 

“Kemenperin berkomitmen mendukung upaya transformasi ini. Hal ini sejalan dengan peta jalan pengembangan KBLBB yang telah disusun oleh Kemenperin,” kata Febri Hendri Antoni Arif selaku Juru Bicara Kementerian Perindustrian.

Selain itu Kemenperin juga perlu memberikan dukungan teknis untuk pendalaman struktur industri KBLBB dalam negeri agar mampu memenuhi target capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). 

Photo : TrenOto

“Kami juga ditugaskan untuk melakukan percepatan produksi peralatan pengisian daya (charging station) dan komponen penunjang industri KBLBB,” jelasnya.

Kemenperin bersama Kementerian Perhubungan dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah juga bertugas memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada pelaku usaha di bidang kendaraan bermotor listrik dan fasilitas pendukung.

Selanjutnya sosialisasi kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah mengenai berbagai jenis produk KBLBB yang sudah tayang dalam katalog elektronik juga perlu dilakukan. 

Ini untuk mempermudah dan mempercepat pengadaan kendaraan dinas operasional. Tugas tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 Tahun 2022 tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan dan Ketentuan Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle). 

Artikel Terkait