Empat Ruas Tol Bakal Terapkan Ganjil Genap Selama Libur Nataru

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki rencana untuk menerapkan sistem ganjil genap di sejumlah ruas tol

Empat Ruas Tol Bakal Terapkan Ganjil Genap Selama Libur Nataru
Photo: 123RF

TRENOTO – Sebagai langkah antisipasi melonjaknya kasus Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki rencanan untuk menerapkan sistem ganjil genap di sejumlah ruas tol.

Berlangsung mulai 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, sedikitnya terdapat empat ruas tol yang akan menerapkan sistem ini.

Meski belum ada informasi lanjutan terkait rencana tersebut, ada baiknya pengemudi yang hendak melakukan perjalanan mengetahui ruas mana saja yang akan menetapkan sistem ganjil genap selama libur Nataru, berikut daftarnya:

  • Ruas Tol Tangerang-Merak
  • Bogor-Ciawi-Cigombong
  • Cikampek-Palimanan-Kanci,
  • Cikampek-Padalarang-Cileunyi

Tak hanya Kemenhub, sejumlah Institusi pemerintah juga memberikan peraturan untuk mencegah penyebaran Covid-19 usai libur Nataru. Aturan terkait hal ini juga dimuat dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021 yang berlaku pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Salah satu yang diatur dalam Instruksi tersebut adalah mobilitas masyarakat. Berikut adalah aturan berkendara selama libur Nataru

  • Kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama)
  • Hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan
  • Hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan
  • Khusus perjalanan rutin dengan moda transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum, atau kereta api dalam satu wilayah/kawasan aglomerasi perkotaan dikecualikan dari persyaratan di atas.

Photo : Pembatasan ganjil genap

Selain itu, sejumlah ruas jalan yang mengarah ke lokasi wisata juga menerapkan peraturan serupa, seperti jalur ke Pantai Anyer.

Polres Cilegon akan melakukan uji coba penerapan ganjil genap di jalur Anyer pada Sabtu, 11 Desember 2021. Pembatasan dilakukan untuk menekan mobilitas kendaraan pribadi dari luar daerah di sepanjang jalur wisata Pantai Anyer-Cinangka.

Selama ini penerapan pembatasan kendaraan gage dinilai cukup berhasil untuk mengurangi mobilitas masyarakat di beberapa lokasi, termasuk tempat wisata. Salah satu yang dianggap berhasil menerapkan pembatasan tersebut adalah Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Hingga saat ini, di lokasi tersebut penerapan gage masih menjadi sebuah kegiatan rutin setiap akhir pekan. Kendaraan dengan pelat nomor tidak sesuai akan diputar balik ke titik keberangkatan.

Artikel Terkait