ETLE Ubah Perilaku Berkendara Masyarakat dan Oknum Nakal

Pelanggaran lalu lintas mengalami penurunan berkat adanya CCTV Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE

ETLE Ubah Perilaku Berkendara Masyarakat dan Oknum Nakal
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Hadirnya sistem teknologi kamera pengawas CCTV Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE sejak Maret 2021, mampu memberikan dampak positif terkait pelanggaran lalu lintas

Brigjen Pol Aan Suhanan selaku Dirgakkum Korlantas Polri menyebut, sistem ETLE sangat efektif merubah perilaku berkendara pengguna jalan.

"Ini perkembangan sangat luar biasa, efektivitas ETLE sejak Maret sampai sekarang, kalau kita lihat data yang ada, ini sangat efektif sekali untuk membuat atau mengubah perilaku pengguna jalan terutama di ruas-ruas yang ada kamera ETLE, ini sangat luar biasa,” katanya dilansir Korlantas Polri, Jumat (4/2/2021).

Pelanggaran tertinggi melalui ETLE diakui Brigjen Pol Aan terjadi pada Maret 2021. Namun perubahan perilaku mulai terjadi pada April dan Mei, dimana pelanggaran mengalami penurunan sekitar 47 persen. 

Hingga Desember tahun lalu, kisaran penurunan kembali terjadi sebanyak 10 sampai 20 persen.

"Ini juga artinya masyarakat yang melewati jalan itu semakin tertib kalau dilihat dari data kita. Jadi efektivitas ETLE ini sangat luar biasa mengubah perilaku masyarakat dalam berkendara di jalan," ujarnya.

Photo : NTMC Polri

Cegah Oknum Nakal

Selain itu, Brigjen Pol Aan juga melakukan evaluasi dan memberikan pesan tegas kepada jajaran anggotanya. Hal ini terkait dengan nama baik institusi Polri khususnya Korlantas Polri.

"Iya saya sependapat dengan instruksi pak Kapolri, dan kita pun selalu mengevaluasi ke dalam internal,” tuturnya.

Jenderal bintang satu ini juga terus melakukan peringatan, mengingat banyaknya anggota personel polisi lalu lintas bidang penegakkan hukum yang bertugas di lapangan.

Artikel Terkait