Euro 4 Kendaraan Diesel Berlaku April 2022, BBM Dipastikan Siap

Euro 4 kendaraan diesel berlaku April 2022, Menteri Perindustrian memastikan Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah siap

Euro 4 Kendaraan Diesel Berlaku April 2022, BBM Dipastikan Siap
Photo: Pertamina

TRENOTO – Kementerian Perindustrian memastikan Euro 4 kendaraan diesel siap berlaku pada April 2022 mendatang. Melihat hal ini, Bahan Bakar Minyak (BBM) yang beredar dipastikan cocok untuk mesin kendaraan.

"Kita sudah koordinasi dengan pihak ESDM Pertamina dan sebagainya. Insyaallah tidak ada masalah," kata Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian, Selasa (15/3/2022).

Selain itu, Agus menegaskan pabrikan otomotif Tanah Air sudah siap memproduksi kendaraan diesel dengan standar Euro 4. Karenanya, Ia memastikan bila penerapan ini akan berjalan sesuai rencana.

"Kita tadi menyaksikan tanda tangan penjualan produk Euro 4 dari Isuzu. Dan ini simbol industri otomotif. Kita juga sudah siap memproduksi produk dengan teknologi Euro 4 dan saya ingin mengingatkan, mulai 12 April sudah ada ketentuan dan regulasi mobil baru yang diproduksi sudah harus standar Euro 4," ujarnya.

Dalam penjelasannya, Agus juga menekankan bila penerapan Euro 4 untuk kendaraan diesel akan berkontribusi pada lingkungan yang lebih baik, selain nilai ekonomi nasionalnya. 

Photo : Trenoto

"Ini kontribusi dari kami dan industri, selain untuk ekonomi nasional juga kepada lingkungan. Pada dasarnya kami memberikan peluang pada teknologi apapun selama membuat lingkungan yang lebih ramah," jelasnya.

Perlu diketahui bahwa penerapan standar emisi Euro 4 pada kendaraan bermesin diesel akan mulai diberlakukan. Pemberlakukan aturan sesuai dengan surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S 786/MENLHK-PPKL/SET/PKL.3/5/2020.

Pelaksanaan seharusnya sudah mulai diberlakukan sejak 2021, namun karena adanya pandemi Covid-19 maka penerapannya ditunda selama 1 tahun. Penundaan dilakukan untuk memulihkan kembali industri otomotif nasional.

Dengan mulai membaiknya kondisi pandemi, maka penerapan aturan tersebut akhirnya mulai dikebut kembali tahun ini. Beberapa APM pun mulai berbenah untuk memastikan kesiapan kendaraan menyambut pelaksanaan aturan standar Euro 4.

Sejalan dengan hal ini, sejumlah pabrikan juga akan melakukan evaluasi harga, salah satunya dilakukan PT Toyota Astra Motor.

"Iya akan ada penyesuaian harga jual kendaraan, angkanya masih belum karena masih didiskusikan. Kenaikan tersebut akan berlaku untuk seluruh mobil bermesin diesel,” ungkapnya.

Artikel Terkait