Fungsi Busi Pada Motor yang Kerap Disepelekan

fungsi busi pada motor wajib diketahui pengguna kendaraan karena meskipun bentuknya kecil namun memiliki peran penting pada mesin

Fungsi Busi Pada Motor yang Kerap Disepelekan
Photo: Suzuki

TRENOTO – Istilah kecil-kecil cabe rawit nampaknya cocok untuk busi pada motor. Meskipun bentuknya kecil, namun fungsi busi pada motor sangat vital karena menjadi salah satu komponen yang terlibat dalam proses pembakaran.

Busi menyalurkan tegangan listrik dari koil dan menjadi percikan api lalu membakar campuran bahan bakar berikut udara. Pada mesin 4-tak api baru terbakar pada akhir langkah kompresi, jika 2-tak langsung terbakar setiap piston menuju TMA (Titik Mati Atas).

Sebelum membahas lebih jauh soal busi, ada baiknya kita kenalan dengan fungsi dari tiap-tiap komponen yang ada. Dilansir dari laman resmi Suzuki, berikut fungsi dari beberapa bagian busi.

  1. Terminal

Terminal merupakan salah satu bagian dari busi yang berbahan besi. Letaknya terdapat di bagian pucuk dan dekat dengan ignition. Terminal terhubung dengan kabel tegangan tinggi yang menghantarkan listrik dari koil.

  1. Insulator

Busi yang beredar di pasaran saat ini umumnya menggunakan bahan keramik pada insulatornya. Fungsinya untuk memindahkan panas menuju kepala silinder.

Photo : Suzuki

Bahan keramik diperacya bisa mengisolasi panas sehingga tidak keluar dari busi. Sehingga panas yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan mesin.

  1. Ribs

Ribs berfungsi untuk mencegah arus listrik merambat keluar dari mesin yang bisa menjadi massa (negative). Bentuknya bergelombang atau memiliki lekuk yang memberikan jarak dari elektroda inti dan grouns semakin jauh.

Dikatakan bahwa jika jaraknya semakin jauh, maka hambatan inti dan ground semakin besar.

  1. Insulator Tip

Ini merupakan salah satu bagian yang ikut terbakar dalam ruang mesin. Oleh karena itu dibutuhkan material yang tahan panas.

Insulator tip dirancang untuk bisa menahan panas hingga 650 derajat dan tegangan 60 ribu volt.

  1. Gasket

Fungsinya kurang lebih sama seperti ribs karena untuk menahan panas tidak keluar dari ruang bakar.

  1. Metal Case

Beberapa pihak menyebutkan fungsi metal case sebagai pengunci dari silinder head. Namun adapula yang mengatakan sebagai penghantar daya panas.

  1. Inti Elektroda

Tentunya bagian ini berfungsi untuk menyalurkan energi listrik dan akan terhubung ke terminal. Bagian ini terbuat dari kombinasi tembaga, besi, nikel dan logam lainnya, namun pada umumnya tembaga.

  1. Ground

Bagian ini letaknya di ujung busi dan langsung bersentuhan dengan bodi atau ground motor. Arus listrik akan berpindah berkat ground pada busi.

Artikel Terkait