IMI Jadikan Ancol Destinasi Wisata Pecinta Otomotif

Ikatan Motor Indonesia (IMI) jadikan Ancol sebagai destinasi wisata favorit pecinta otomotif, begini strateginya

IMI Jadikan Ancol Destinasi Wisata Pecinta Otomotif
Photo: Pribadi

TRENOTO – Menjadi induk organisasi otomotif di Tanah Air, Ikatan Motor Indonesia (IMI) siap mendorong Ancol sebagai destinasi wisata favorit pecinta otomotif.

Merealisasikan rencana tersebut, IMI dan Pengelola Ancol Beach City resmi menandatangani Perjanjian Kemitraan, Rabu (19/1/2022). Perjanjian tersebut ditandatangani Bambang Soesatyo selaku Ketua Umum IMI dan Frans Tairas selaku Direktur Utama PT. Wahana Agung Indonesia Propertindo sebagai pihak pengelola.

Selain mendorong gairah olahraga otomotif, kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja pariwisata Indonesia di masa pandemi. Seperti diketahui, Ancol Mall merupakan salah satu objek wisata di Pantai Carnaval Taman Impian Jaya Ancol.

Memiliki konsep one stop entertainment center, kawasan wisata di wilayah Jakarta utara ini diharapkan mampu menjadi tempat terselenggaranya beragam event otomotif, seperti Jakarta Supermoto, Eurofest, Jakarta Autofest dan Jakarta Harley Day.

"Nantinya, Ancol tak hanya menjadi destinasi rekreasi saja, namun juga untuk edukasi, tempat berkumpul komunitas, hingga lokasi beragam event olahraga otomotif," kata pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut.

Sebagai organisasi, IMI juga siap memfasilitasi industri olahraga otomotif bersama instansi terkait. Bila pemerintah bertindak sebagai regulator kebijakan dan pihak swasta sebagai pelaksana, IMI akan menjadi fasilitator.

Bambang juga menegaskan, lokasi pantai masih jarang dimaksimalkan masyarakat untuk menggelar kegiatan terkait industri otomotif.

Photo : Pribadi

"Ancol Beach City adalah lahan strategis untuk kemajuan dunia otomotif. Apalagi akan adasirkuit Formula E. Sayang kalau tidak dimaksimalkan untuk orang banyak. Khususnya komunitas otomotif," tegas Bamsoet.

Tak hanya itu, pria yang menjabat sebagai Ketua MPR RI ini menambahkan, masyarakat Jakarta dan wilayah sekitar masih kekurangan pantai untuk sarana aktivitas, karena itu, kemitraan IMI dengan Ancol Beach City dinilai sebagai langkah yang tepat.

Memiliki lokasi pantai yang strategis, pertimbangan harga yang terjangkau juga menambah daya tarik Ancol Beach City digunakan untuk acara otomotif ke depannya.

“Kami akan prioritaskan balap kendaraan dengan energi listrik, sesuai dengan rencana pemerintah untuk mengurangi dampak dari emisi gas buang,” tuturnya.

Sebagai pusat otomotif, Ancol Beach City nantinya akan difungsikan sebagai tempat berkumpul komunitas, seperti sepeda motor dan mobil. Karena berada di wilayah pantai, terdapat juga balap jetski.

Artikel Terkait