Ini Pentingnya Visor Helm Saat Berkendara

Visor helm memiliki fungsi penting untuk melindungi mata dari benda asing saat berkendara menggunakan sepeda motor

Ini Pentingnya Visor Helm Saat Berkendara
Photo: Pribadi

TRENOTO – Walau sederhana, visor helm memiliki peran penting untuk memastikan keselamatan berkendara seorang bikers. Pasalnya, dengan menggunakan visor maka akan mencegah mata terkena angin secara langsung sehingga pandangan akan menjadi lebih fokus.

Visor helm juga melindungi mata dari batu atau binatang kecil yang terbang di jalan sehingga risiko mata terkena sesuatu akan berkurang. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk mencegah kecelakaan di jalan.

Saat ini ada 2 jenis visor helm yang dijual di pasaran yaitu visor cembung dan flat visor. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing serta bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Visor cembung adalah yang paling umum ditemukan di pasar. Harganya terbilang terjangkau ditambah dengan banyaknya pilihan menjadi sebuah nilai tambah tersendiri. Namun, visor cembung memiliki kekurangan yaitu pengendara akan merasakan distorsi jarak pandang dan berbayang saat terkena cahaya.

Hal ini berbeda dengan flat visor, pengendara tidak akan mengalami distorsi dan bayangan tersebut. Pandangan akan sama seperti bila pengendara tidak menggunakan visor. Hanya saja, harga dari flat visor cenderung jauh lebih mahal dan hanya ada di helm-helm tertentu.

Cara Membersihkan Visor Helm

Photo : Trenoto

Guna memastikan visor helm dapat digunakan secara optimal, maka kebersihannya harus dijaga. Caranya adalah dengan rutin membersihkan visor setiap kali selesai digunakan. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk membersihkan visor helm.

  • Lepas pengait kaca di kanan kiri helm. Untuk helm half face, umumnya menggunakan mur untuk mengunci visor. Sementara helm full face biasanya menggunakan pengait khusus.
  • Setelah terlepas, bilas seluruh permukaan kaca dengan air bersih yang mengalir.
  • Usapkan spons yang sudah diberi sabun cari ke visor dengan satu arah. Hindari mengusapnya dengan dua arah karena berpotensi membuat kotoran menggores visor.
  • Bila dirasa sudah bersih, keringkan visor dengan menggunakan kain halus atau tisu.

Tips Memilih Visor Helm yang Pas

Photo : Pribadi

Memilih visor helm tidak bisa dilakukan sembarangan karena menentukan jarak pandang seorang biker. Pastikan untuk memilih kaca helm yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan sebelum membeli dan memasangnya.

Bagi biker yang sering berkendara di malam hari maka visor clear (bening) bisa menjadi pilihan karena membantu melihat lebih jelas di malam hari.

Sebaliknya, bagi biker yang sering berkendara di siang hari maka visor gelap bisa menjadi pertimbangan. Hal ini karena cahaya masuk akan sedikit tertahan di visor dan mengurangi risiko silau saat berkendara.

Artikel Terkait