Ini Penyebab Rem Blong dan Cara Menghindarinya

Ada banyak penyebab rem blong kendaraan yang telah merenggut banyak nyawa dalam kecelakaan di berbagai wilayah Indonesia

Ini Penyebab Rem Blong dan Cara Menghindarinya
Photo: 123RF

TRENOTO – Rem merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan khususnya untuk mengendalikan kecepatan. Tanpa rem yang berfungsi baik, maka mobil bisa meluncur tanpa bisa dikendalikan.

Salah satu permasalahan rem paling berbahaya adalah rem blong karena selama ini telah menjadi penyebab terjadinya kecelakaan maut. Dilansir dari Suzuki, rem blong adalah kondisi dimana rem tidak bisa berfungsi sama sekali.

Penyebab rem blong pun sangat banyak, mulai dari minyak rem yang habis sampai kanvas dan piston rem rusak. Kerusakan pada piston atau kanvas umumnya disebabkan oleh faktor usia komponen tersebut.

Photo : Suzuki

Faktor lain penyebab rem blong adalah tersumbatnya selang minyak rem. Biasanya, mobil penumpang memakai sistem pengereman bertekanan fluida dari minyak rem dalam mekanisme pengereman.

Penyebab lainnya adalah seal piston master mengalami keausan. Kerusakan tersebut umumnya diakibatkan dari faktor usia seperti kualitas minyak rem yang sudah tak bagus karena sudah kadaluarsa atau terkontaminasi zat lain.

Terus menerus menginjak pedal rem dalam waktu lama juga bisa menyebabkan blong. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya gesek antara kaki dengan pedal secara terus menerus sehingga mengakibatkan kaliper panas dan membuat rem menjadi blong.

Penyebab-penyebab rem blong sebenarnya bisa dihindari bila pemilik atau pengendara rutin melakukan perawatan berkala. Pasalnya dengan melakukan perawatan berkala maka kerusakan-kerusakan tersebut bisa terdeteksi lebih awal dan perbaikan bisa dilakukan secara tepat.

Artikel Terkait