Jalan di Istana Negara hingga Bundaran HI Ditutup untuk Parade

rute jalan di Istana Negara hingga Bundaran HI ditutup untuk keperluan parade pebalap MotoGP Mandalika

Jalan di Istana Negara hingga Bundaran HI Ditutup untuk Parade
Photo: Presidenri.go.id

TRENOTO – Polda Metro Jaya memastikan akan menutup jalan Istana Merdeka, Medan Merdeka Barat, MH Thamrin hingga Bundaran HI. Penurupan dilakukan hari ini pada pukul 10.00-11.00 WIB dalam rangka parade pebalap MotoGP.

Parade dilakukan untuk mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika yang diselenggarakan pada hari Minggu, 20 Maret 2022. Ini adalah gelaran MotoGP pertama di Indonesia setelah terakhir kali digelar pada 1998 di Sentul, Bogor.

“Polda Metro Jaya akan melakukan pengamanan jalur dari Istana Negara sampai Hotel Kempinski. Akan ada penutupan jalur saat rombongan melintas terutama dari arah utara ke selatan,” ungkap Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Photo : MotoGP

Dilansir dari Antara, jalan di Istana Negara hingga Bundaran HI ditutup hanya dilakukan pada satu arah. Rute Bundaran HI menuju Istana Merdeka akan tetap dibuka seperti biasa sehingga diharapkan tidak akan terjadi kepadatan.

Polda Metro Jaya juga akan memberi pengamanan secara optimal dalam gelaran parade MotoGP. Ratusan personel Kepolisian diterjunkan agar parade tersebut bisa berjalan lancar dan aman.

“Berkaitan dengan pengamanan jalur kami telah menyiapkan personel sebanyak 500 personel dari jajaran kepolisian. Kemudian dari Pemda juga kami libatkan,” tegas Kombes Pol Marsudianto, Karo Ops Polda Metro Jaya.

Menurutnya, parade tersebut akan menjadi daya tarik bagi masyarakat sehingga dikhawatrikan terjadi lonjakan penonton. Untuk itu, personel dengan jumlah besar harus diturunkan untuk mengawal kegiatan.

Photo : Antara

“Untuk mengantisipasi supaya tidak ada luberan penonton yang menyaksikan perjalanan dari Istana sampai Hotel Kempinski,” tambahnya.

Perlu diketahui bahwa gelaran parade MotoGP 2022 akan diikuti 20 pebalap MotoGP serta 60 motor dari berbagai ATPM di Indonesia. Parade akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, rangkaian balapan MotoGP Mandalika 2022 dimulai pada hari Jumat, 18 Maret 2022. Pada hari tersebut akan diselenggarakan sesi latihan bebas pertama mulai pukul 09.50 WIB hingga 10.35 WIB dan sesi kedua dimulai 14.05 – 14.50 WIB.

Keesokan harinya akan digelar latihan bebas ketiga mulai pukul 09.50 hingga 10.35. Sementara kualifikasi pertama dilangsungkan pada pukul 14.05 dilanjutkan kualifikasi kedua pukul 14.30 WIB.

Adapun pertandingan akan dilakukan pada hari Minggu, 20 Maret 2022 pukul 14.00 WIB dengan jumlah putaran mencapai 27 lap.

Artikel Terkait