Jalan Tol Becakayu Selesai Dibangun, Beroperasi Penuh Akhir 2022

Jalan tol Becakayu selesai dibangun sepenuhnya dan diharapkan bisa beroperasi seluruhnya pada akhir 2022

Jalan Tol Becakayu Selesai Dibangun, Beroperasi Penuh Akhir 2022
Photo: Trenoto
  • Oleh Adi Hidayat

  • Jum'at, 16 September 2022 | 08:34 WIB

TRENOTO – Setelah diresmikan pada Agustus 2017 oleh Presiden Joko Widodo, pembangunan tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu atau Becakayu selesai dibangun. Beberapa ruas jalan yang sebelumnya masih dalam tahap pembangunan diklaim sudah selesai dikerjakan.

Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengatakan bahwa jalan tersebut dapat membuat perjalanan dari Bekasi ke Jakarta dan sebaliknya menjadi lebih cepat. Selain itu, kepadatan lalu lintas di jalan tol dalam kota juga diharapkan dapat berkurang.

“Becakayu menjadi salah satu solusi dalam mengurai kepadatan lalu lintas yang terjadi di jalan raya Kalimalang dan tol Jakarta Cikampek akibat penumpukan volume kendaraan di Gerbang Tol Halim,” terangnya.

Photo : Trenoto

Tak hanya selesai dibangun, Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) pada beberapa ruas jalan tol Becakyu. Pengujian tersebut dilakukan pada ruas On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca (Looping Pasar Gembrong) serta koneksi sisi timur jalan tol Wiyoto Wiyono ke Becakayu.

Perlu diketahui bahwa Becakayu dibangun dengan konstruksi layang (elevated) membentang dari wilayah Bekasi hingga Kampung Melayu sepanjang 16.02 km. Jalan tol tersebut memiliki dua seksi yaitu Seksi 1 Kasablanka – Jaka Sampurna sepanjang 11.9 km yang saat ini sudah beroperasi.

Selanjutnya untuk Seksi 2a Jaka Sampurna – Kayuringin sepanjang 4.12 km dan Seksi 2a Ujung Kayuringin - Margajaya progres konstruksi telah mencapai 100 persen. Dengan selesainya pembangunan, diharapkan tol ini dapat beroperasi sepenuhnya pada akhir 2022.

Photo : Trenoto

Sebelum adanya Becakayu, waktu tempuh berkendara dari Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan, namun setelah adanya kehadirannya waktu tempuh perjalanan dari Bekasi ke Kampung Melayu menjadi hanya 30 menit.

Selain itu Becakayu akan mengurangi kepadatan di tol Jakarta-Cikampek bagi kendaraan ke sekitar Bekasi maupun Jakarta. Pasalnya masyarakat akan memiliki pilihan jalan mana yang akan dilalui sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.

Meski demikian tarif tol Becakyu merupakan salah satu yang termahal di Jakarta saat ini. Pasalnya pengguna kendaraan golongan I harus membayar Rp14.000 untuk perjalanan sejauh 12 km.

Tarif Tol Becakayu

  • Golongan I: Rp14.000

  • Golongan II: Rp21.000

  • Golongan III: Rp28.000

  • Golongan IV: Rp35.000

  • Golongan V: Rp42.000

Artikel Terkait