Jalur Sepeda DKI Jakarta Bertambah 196 Kilometer Sepanjang 2022

Menambah kenyamanan untuk para penggunanya, jalur sepeda DKI Jakarta bertambah 196 kilometer hingga akhir 2022

Jalur Sepeda DKI Jakarta Bertambah 196 Kilometer Sepanjang 2022
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Menambah kenyamanan pengguna sepeda, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun jalur khusus sepanjang 196.45 kilometer di 26 ruas jalan. Dari total tersebut, 40.06 kilometer jalur sepeda DKI Jakarta akan mennggunakan proteksi berupa tiang pembatas atau stick cone plastik.

"Pada 2022 ini, kami membangun 196,45 km di dua arah jalan, ada 40,06 km yang terproteksi, terus ada beberapa yang 'mixing' dengan kendaraan lainnya yang akan dipasang paku jalan dan ada yang di trotoar," kata Hendry Sampurna selaku Kepala Seksi (Kasi) Rekayasa Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. 

Dalam pernyataannya, Hendry juga menyebut tujuan pihaknya melakukan proteksi jalur sepeda di Jakarta ialah menambah rasa menghargai pengguna kendaraan bermotor terhadap kendaraan tanpa mesin serta pejalan kaki. 

Photo : NTMC Polri

Berbeda dengan ruas Sudirman-Thamrin yang menggunakan pembatas dari beton, jalur sepeda di jalan lainnya menggunakan proteksi tiang pembatas berwarna oranye berbahan plastik, seperti di Kramat Raya-Salemba Raya.

"Kenapa berbahan plastik. Itu karena kami coba relaksasi pakai plastik, dengan tujuan agar ketika ada kecelakaan menabrak pembatas, tidak akan melukai pengemudi karena bahannya elastis dan pemasangan jauh lebih cepat," kata dia.

Adapun pemilihan tempat untuk jalur sepeda berdasarkan lebar jalan yang ada dan memungkinkan pembangunan jalur sepeda dengan tiang pembatas.

"Pada intinya jika ada dua sampai tiga konsistensi lajur untuk kendaraan umum, kendaraan pribadi, nah itu bisa kita pakai untuk lajur sepeda yang terproteksi," ujarnya.

Jalur sepeda sepanjang 196.45 kilometer merupakan bagian dari jaringan jalur sepeda yang masuk dalam rencana induk transportasi Jakarta. Saat ini secara total telah terbangun sepanjang 309.5 kilometer.

Photo : 123RF



"Program pak Gubernur sampai akhir tahun 2022 ini targetnya 298 km, nah kami melebihi ekspektasi itu, saat ini sampai 300 kilometer," tuturnya.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, ada 26 segmen atau rute jalur sepeda yang dibangun pada 2022. Secara lebih rinci terdapat proteksi sepanjang 40.06 km, jalur berbagi sepanjang 154.73 km dan jalur trotoar sepanjang 1.67 km.

Artikel Terkait