Jangan Asal, Begini Cara Menggunakan Standar Tengah Motor

Memiliki beragam keunggulan, pengendara perlu mengetahui cara menggunakan standar tengah motor yang benar

Jangan Asal, Begini Cara Menggunakan Standar Tengah Motor
Photo: Yamaha

TRENOTO – Menjadi alat transportasi yang banyak diipilih masyarakat, sepeda motor dinilai lebih praktis dan cepat karena mampu menyalip kendaraan lain saat kondisi jalan padat. Meski mudah dikendarai, terdapat sejumlah hal penting yang perlu diketahui pengendara, salah satunya cara memarkirkan kendaraan dengan menggunakan standar tengah.

Banyak pengendara mengalami kesulitan ketika harus parkir menggunakan standar tengah motor. Dinilai lebih praktis, kendaraan biasanya diparkirkan dengan menggunakan standar samping, padahal terdapat sejumlah keuntungan dan terdapat jalan yang mewajibkan pengendara menggunakan standar tengah. 

Photo : Yamaha

Jika pengendara memilih memarkirkan sepeda motor menggunakan standar tengah, maka tingkat kesimbangan kendaraan lebih terjaga sehingga tak mudah terjatuh apabila tersenggol secara tak sengaja. Bahkan motor yang diparkir dengan standar tengah tidak memakan banyak ruang.

Tak hanya itu pengendara juga perlu menggunakan standar tengah saat parkir di jalan menanjak atau menurun. Ini untuk menghindari motor bergeser dan lebih kokoh.

Agar lebih mudah menggunakan standar tengah, main dier Yamaha PT Lautan Teduh (Lampung) memberikan beberapa tips, khususnya bagi pengendara wanita :

  1. Sebelum menggunakan standar tengah motor, jangan lupa matikan mesin. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi resiko tuas gas tidak sengaja terpelintir atau digas sehingga motor hilang kendali (khususnya motor jenis matik).
  1. Pengendara perlu memasang standar samping terlebih dulu, untuk mencegah motor roboh atau jatuh ke jalan saat pengendara turun dari motor.
  1. Posisikan tangan dengan benar. Caranya, pegang setang kiri dengan tangan kiri dan tangan kanan ke behel belakang (handle seat belakang) sepeda motor.

Photo : Lu Minta Motor

  1.  Cara menggunakan standar tengah dimulai dengan kaki kanan menginjak tuas standar tengah (injak ke bawah dengan tekanan yang cukup). Lalu tangan kanan membantu mengangkat motor disertai gerakan ke arah belakang (lakukan latihan 3 sampai 4 kali agar terbiasa).
  1. Lipat kembali standar samping yang sebelumnya dibuka. Setelah sepeda motor terstandar tegak, luruskan posisi motor sesuai dengan arah parkir yang telah ditentukan. Jangan lupa posisikan atau belokkan stang ke kiri lalu kunci motor agar aman.

Artikel Terkait