Kapan Waktu Ganti Oli Mesin yang Tepat

Mengganti oli untuk kendaraan yang memiliki rutinitas tinggi setidaknya bisa dilakukan setiap bulannya

Kapan Waktu Ganti Oli Mesin yang Tepat
Photo: 123RF

TRENOTO – Mengganti oli mesin motor perlu dilakukan secara berkala agar performa tetap prima. Pasalnya oli memiliki peran penting dalam menjaga kondisi komponen bergerak dalam mesin.

Sekalipun menggunakan pelumas berkualitas baik, tidak serta merta membuat pengemudi bisa mengabaikan perawatan tersebut. Hal ini dikarenakan kondisi jalan khususnya di perkotaan yang padat kerap macet membuat oli harus diganti secara berkala.

Ciri-ciri oli harus diganti

  • Berwarna hitam pekat

Sebenarnya oli yang sudah berubah warna menjadi hitam bukanlah ciri-ciri oli harus diganti. Namun jika sudah berkelir hitam pekat dan sudah berubah bentuk menjadi lebih encer atau kental dari sebelumnya, maka sebaiknya diganti.

  • Volume berkurang

Motor pada umumnya memiliki kapasitas oli di bawah 1 liter. Apabila telah berkurang jauh, maka pertimbangkan untuk diganti.

Namun kondisi ini juga memiliki potensi adanya kelainan pada mesin seperti overheating hingga adanya kebocoran.

  • Suhu mesin tinggi

Oli yang sudah masuk waktunya diganti tidak bisa menghasilkan performa seperti saat baru dimasukkan. Walhasil kinerja oli menurun dan mesin menjadi lebih panas.

Photo : 123RF

  • Suara kasar

Seperti dilansir laman Mobil.co.id, oli yang menurun kualitasnya kan mengakibatkan suara mesin kasar. Hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan dan jika dibiarkan akan merusak beberapa komponen.

  • Akselerasi menurun

Oli yang sudah menurun kualitasnya akan membuat performa mesin menurun. Terlebih saat berakselerasi motor akan terasa berat tarikannya.

  • Muncul asap

Tanda ganti oli yang terlalu parah bisa dilihat dari keluarnya asap dari knalpot. Akan semakin parah jika asapnya berwarna putih karena berarti oli mesin ikut terbakar karena beberapa komponen di dalam mesin sudah rusak.

Panduan mengganti oli mesin

Pada umumnya waktu mengganti oli mesin pada kilometer mencapai 3.000 hingga 5.000 kilometer. Patokan ini bisa bertambah jika rutinitas perjalanan tinggi dan kerap kena macet panjang.

“Menentukan kapan oli motor harus diganti juga bisa dilihat dari kilometer harian. Untuk pemakaian sekitar 20-50 kilometer sehari, penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap satu setengah bulan. Jika jarak tempuh di atas 50 kilometer dalam satu hari, sebaiknya ganti oli motor matik sebulan sekali,” tulis laman Mobil.co.id.

Artikel Terkait