Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Ban Tubeless

Ban Tubeless memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga perlu mendapat perhatian dari pengguna kendaraan bermotor

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Ban Tubeless
Photo: 123RF

TRENOTO – Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Ban juga memiliki fungsi pada kenyamanan berkendara.

Sebagai salah satu komponen penopang kendaraan, ban diharapkan mempunyai kekuatan mumpuni. Selain itu, benda terbuat dari bahan dasar karet juga bisa tahan lama.

Terutama pada kendaraan bermotor yang digunakan sehari-hari dan kerap menempuh medan berat. Teknologi silica saat ini banyak dimanfaatkan produsen untuk memberikan keawetan dan berujung efisiensi.

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis-jenis ban, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu sejarahnya. Kapan dan bagaimana ban pertama kalinya dibuat menarik untuk dibahas.

Sejarah Ban

Seperti dilansir laman Federal Oil, orang pertama yang mengembangkan ban menggunakan karet sebagai bahan dasarnya adalah Charles Goodyear. Awalnya ban dibuat dari serat kapas dan dilapisi oleh karet lalu divulkanisir.

Pada 1846 ban diisi udara pertama kali dipatenkan dan dijual secara komersil pada 1888. Kala itu ban kendaraan bermotor merupakan barang mewah sehingga banderolnya cukup mahal.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi yang disematkan pada ban kian modern. Mengandalkan mesin-mesin besar, ban pada mobil maupun motor dibuat untuk membantu suspensi dalam memberikan kenyamanan.

Artikel Terkait