Kemenhub Himbau Pemudik Tidak Naik Motor ke Kampung Halaman

Kementerian Perhubungan himbau pemudik tidak naik motor sebagai kendaraan saat mudik ke kampung halaman

Kemenhub Himbau Pemudik Tidak Naik Motor ke Kampung Halaman
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Kementerian Perhubungan menyarankan agar tidak melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya menggunakan sepeda motor. Himbauan untuk pemudik tidak naik motor ke kampung halaman dengan alasan keselamatan.

Adita Irawato, Juru Bicara Kementerian Perhubungan mengatakan bahwa keselamatan merupakan hal terpenting. Terlebih, jumlah kecelakaan sepeda motor hingga kini terbilang masih tinggi sehingga perlu perhatian ekstra.

“Kami memastikan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dikurangi, kalau bisa jangan. Karena pemudik roda 2 aspek keselamatannya berisiko, belum lagi cuaca saat ini jadi kami sediakan mudik gratis,” ungkapnya.

Photo : NTMC Polri

Berdasarkan studi Kementerian Perhubungan, mudik Lebaran 2022 masih didominasi oleh kendaraan darat. Selain mobil pribadi, sepeda motor menjadi salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan.

Dalam studi tersebut disampaikan bahwa setidaknya akan ada 21 juta orang menggunakan mobil pribadi atau sebesar 26 persen. Sementara sepeda motor menjadi kendaraan favorit kedua yang dengan perkiraan 14 juta atau 18 persen.

Bila dibandingkan dengan pengguna transportasi umum, maka selisihnya akan sangat signifikan. Diperkirakan, pengguna bus dapat mencapai 16 persen (12 juta) dan pesawat sebesar 12 persen (9 juta).

Meski demikian, Kementerian Perhubungan menegaskan bahwa pihaknya terus memantau sektor transportasi agar tetap dapat melayani masyarakat secara optimal. Menurutnya, pada masa pandemi ini ada 2 aspek yang menjadi perhatian utama yaitu aspek kesehatan dan keselamatan.

Photo : Dishub Yogyakarta

Untuk itu Kementerian Perhubungan akan melakukan pemeriksaan langsung pada operator guna memastikan moda transportasinya layak beroperasi. Selain itu, awak transportasi juga harus dalam kondisi prima dan sehat agar perjalanan bisa baik serta selamat.

Tak hanya itu, Kementerian perhubungan bersama dengan Kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas. Salah satu yang sudah dipastikan untuk dilaksanakan adalah sistem one way di waktu dan rute tertentu untuk memastikan kelancaran mudik Lebaran 2022.

Sistem pembatasan ganjil genap juga akan diberlakukan agar kepadatan di jalan tol bisa ditekan. Meski tidak ada penilangan bagi para pelanggar, Polisi tetap akan mengalihkan kendaraan yang sesuai ke jalan arteri.

Artikel Terkait