Kepolisian Siapkan Gerai Vaksin di Posko Mudik

Vaksin di posko mudik disiapkan pihak Kepolisian untuk mereka yang belum mendapat dosis lengkap dan booster

Kepolisian Siapkan Gerai Vaksin di Posko Mudik
Photo: ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA

TRENOTO – Kepolisian Republik Indonesia akan memanfaatkan momen mudik Lebaran untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang mendapatkan vaksin booster. Salah satu caranya adalah dengan menggelar gerai vaksin di posko mudik

Sebelumnya pemerintah telah mengijinkan masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya pada Lebaran 2022. Meski demikian, ada beberapa aturan yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan perjalanan mudik.

Salah satu aturan tersebut adalah pemudik sudah mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap ditambah booster. Dengan demikian diharapkan mudik kali ini tidak membuat peningkatan kasus Covid-19.

Photo : Jasa Marga

“Di jalur jalur mudik nanti akan kami siapkan pos-pos yang memberikan pelayanan memberikan vaksinasi tambahan,” ungkap Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Polisi Republik Indonesia.

Gerai vaksin diklaim memiliki peran penting karena para pemudik ketika pulang ke kampung halamannya akan bertemu keluarga, termasuk para lansia. Karena itu dia meminta masyarakat mempercepat capaian vaksinasi booster ini.

“Karena kami memang menyarankan untuk pemudik sudah 2 kali vaksin, apa lagi bila sudah vaksin 3 kali jauh lebih baik. Khususnya para lansia yang menjadi kunjungan mudik karena ini memang usia-usia rentan dan harus kita jaga,” jelasnya..

Sebelumnya diberitakan bahwa jumlah pemudik pada Lebaran 2022 diperkirakan akan mengalami lonjakan signifikan. Mobil pribadi pun diperkirakan masih menjadi moda transportasi yang paling banyak dipilih masyarakat.

Photo : Antara

Kementerian Perhubungan memprediksi bahwa akan ada 21 juta orang mudik menggunakan mobil pribadi, disusul oleh 14 juta orang dengan sepeda motor. Sementara pemudik yang menggunakan bus adalah sebanyak 12 orang dan pesawat 9 juta orang.

“Dari hasil penelitian Badan Litbang Pehubungan, daerah tujuan terbesar yaitu ke Jawa Tengah dari berbagai provonsi terutama Jawa Timur dan Jabodetabek,” terang Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Banyaknya masyarakat menggunakan mobil pribadi untuk mudik akan membuat kepadatan disejumlah ruas jalan, khususnya tol transkawa. Guna mengatasinya kepolisian dan kemenhub akan melakukan beberapa skenario rekayasa lalu lintas, termasuk one way di jalan tol guna mencairkan kepadatan.

Artikel Terkait