Kiat Mencegah Rem Tidak Berfungsi di Perjalanan

Tips melakukan perawatan rem mobil agar terhindar dari berbagai masalah maupun insiden yang bisa mengancam nyawa

Kiat Mencegah Rem Tidak Berfungsi di Perjalanan
Photo: Suzuki

TRENOTO – Rem pada mobil maupun motor merupakan perangkat penting yang erat kaitannya dengan nyawa. Oleh karena itu komponen tersebut wajib mendapat perhatian lebih dengan perawatan rutin.

Adanya gangguan pada rem bisa merusak suasana perjalanan yang menyenangkan menjadi menyeramkan. Karena rem berfungsi untuk menghentikan kendaraan sehingga erat kaitannya dengan nyawa.

Komponen rem pada mobil harus mendapat perawatan secara berkala. Selain itu, ada beberapa kondisi jalan yang patut diwaspadai oleh pengendara.

Berikut ini kiat mencegah rem tidak berfungsi dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) :

  • Kurangi Kecepatan

Ketika berkendara di jalanan basah atau hujan, kecepatan kendaraan wajib dikurangi. Hal ini dikarenakan medan jalan menjadi licin dan kendaraan rentan tergelincir.

  • Hindari Pengereman Penuh

Saat memasuki medan jalan menurun, sebaiknya hindari melakukan pengereman secara penuh. Gunakan engine brake sebagai bantuan agar rem tetap bisa berfungsi maksimal.

Pada mobil bertransmisi manual, Anda bisa memindahkan gigi transmisi yang lebih kecil atau rendah. Lalu pada mobil transmisi otomatis, bisa memanfaatkan pilihan L atau 1.

  • Periksa Ban

Kondisi tapak ban akan sangat berpengaruh pada pengereman kendaraan. Jika kondisi ban sudah cukup tipis, maka akan membuat titik pengereman semakin jauh.

Artikel Terkait