Kota Termacet di Indonesia Ternyata Bukan Jakarta

Kota Jakarta dikalahkan oleh Surabaya dalam hal kota termacet di Indonesia menurut hasil penelitian Inrix

Kota Termacet di Indonesia Ternyata Bukan Jakarta
Photo: 123RF

TRENOTO – Kota Termacet di Indonesia ternyata tidak disandang oleh Jakarta, melainkan Surabaya. Selama 2021, Surabaya tercatat sebagai kota paling macet di Tanah Air.

Dilansir Inrix selaku perusahaan analisis data lalu lintas, dalam penelitian Global Traffic Scorecard 2021, Surabaya mengalahkan Jakarta sebagai kota paling macet.

Selama ini orang mengira bahwa Jakarta adalah kota paling macet di Indonesia. Lalu lintas yang padat membuat orang banyak kehilangan waktu di jalanan.

Inrix mengidentifikasi beberapa area perjalanan di dalam kota dan menangkap profil mobilitas unik masing-masing kota. Menggunakan data lalu lintas di beberapa sub area perjalanan di dalam kota, riset dilakukan untuk menghitung waktu yang hilang dalam kemacetan.

Indonesia menyumbangkan beberapa kota dalam penelitian Global Traffic Scorecard 2021. Sementara Inrix meneliti lebih dari 1.000 kota dari 50 negara di dunia yang mengalami kemacetan di jalannya.

Terdapat Jakarta, Surabaya, Bogor, Malang dan Denpasar yang menjadi kota paling macet di Indonesia. Penelitian ini dilakukan saat adanya pemulihan ekonomi dan sosial dalam kondisi pandemi covid-19.

Surabaya menjadi kota paling macet di Indonesia, menurut laporan Inrix. Namun kota Pahlawan tersebut masuk ke dalam peringkat 41 dunia dalam penelitian tersebut di atas.

Disebutkan bahwa warga Surabaya menghabiskan waktu selama 62 jam di jalanan dalam satu tahun. Total waktu tersebut terbuang sia-sia hanya untuk perjalanan dalam kota, terutama pada jam sibuk.

Di bawahnya terdapat Jakarta sebagai kota paling macet kedua di Indonesia. Meskipun secara global, Jakarta menempati posisi ke-222 sebagai kota paling macet di Tanah Air.

Photo : Istimewa

Disebutkan bahwa masyarakat Jakarta kehilangan waktu sebanyak 28 jam di tengah kemacetan dalam satu tahun. Adapun penelitian menyebutkan kemacetan pada jam sibuk yang membuat banyak orang kehilangan banyak waktu.

Lalu terdapat Denpasar yang dikatakan sebagai kota paling macet ketiga di Indonesia. Ibu Kota Provinsi Bali tersebut menempati posisi 291 sebagai kota termacet di dunia.

Meskipun peringkatnya di bawah Jakarta, waktu yang terbuang akibat macet di jam sibuk kota Denpasar mencapai 31 jam. Masyarakat Denpasar membuang waktu cukup banyak dalam satu tahun untuk beraktivitas.

Kemudian peringkat keempat terdapat Malang, Jawa Timur yang tercatat sebagai kota paling macet di Indonesia. Secara global, Malang menempati urutan ke-334 dan para pengendara membuang waktu sebanyak 29 jam di jam sibuk.

Kemacetan merupakan rutinitas yang harus dilalui oleh para pengguna jalan di sejumlah kota besar di Indonesia. Jumlah kendaraan bertambah terus namun tidak sebanding dengan pertumbuhan jalanan sehingga kemacetan tidak terhindarkan.

Artikel Terkait