Lihat Koleksi Kendaraan Menkominfo, Dari Alphard Hingga Colt

koleksi kendaraan Menkominfo terbilang sederhana untuk seorang menteri meski total hartanya mencapai Rp190 milar

Lihat Koleksi Kendaraan Menkominfo, Dari Alphard Hingga Colt
Photo: Antara

TRENOTO – Johnny Gerard Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominffo) menjadi sorotan masyarakat belakangan ini. Bagaimana tidak, Ia bersikukuh untuk memblokir sejumlah situs serta aplikasi yang dianggap penting.

Mulai dari Yahoo, Paypal hingga beberapa situs permainan yang telah menjadi bagian dari e-sport. Keputusan terpaksa diambil karena website serta aplikasi tersebut tidak mendaftar sebagai PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik).

Situs serta aplikasi tersebut pun dianggap telah melanggar aturan yang ada di Indonesia sehingga Pemerintah harus melakukan tindakan tegas. Salah satunya adalah dengan membuatnya tidak lagi bisa diakses atau memblokirnya.

Photo : OLX Autos

Keputusan tersebut pun langsung membuat gaduh masyarakat. Gelombang protes pun bertebaran hingga akhirnya Menkominfo pun menarik kembali keputusannya.

Tak hanya itu, mereka juga menegaskan telah menutup sejumlah situs judi online yang sebelumnya lolos dari PSE. Tentu kebijakan tersebut langsung mendapat respon positif.

Meski keributan sudah melandai tetap saja Johnny Gerard Plate menjadi sorotan masyarakat. Salah satunya adalah pada koleksi kendaraannya yang terbilang menarik untuk disimak.

Berdasarkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) Ia memiliki kekayaan senilai Rp191.2 miliar. Dari jumlah tersebut, Rp460 juta berasal dari alat transportasi dan mesin.

Dalam laporan tertulis koleksi kendaraan Menkominfo hanya terdiri dari 2 unit kendaraan dari hasil sendiri yaitu Toyota Alphard serta Mitsubishi Colt. Keduanya diproduksi pada 2013 serta memiliki nilai Rp320 juta dan Rp140 juta.

Photo : Antara

Dari segi koleksi kendaraan, Johnny memang terbilang cukup sederhana. Maklum, jika melihat laporan maka Ia memang lebih banyak berinvestasi pada tanah dan bangunan.

Tercatat harta tanah serta bangunan miliknya telah mencapai Rp141.4 miliar dan sebagian besar didapatkan dari hasilnya sendiri. Meski ada beberapa tanah yang Ia dapatkan sebagai hibah.

Tanah seluas 3574 m2 dan bangunan 841 m2 di Jakarta Selatan menjadi harta terbesar miliknya saat ini. Aset tersebut diklaim memiliki nilai Rp20.7 miliar.

Jumlahnya tidak berbeda jauh dengan aset terbesar keduanya yaitu tanah dan bangunan seluas 2135 m2/600 m2. Dalam laporan disebutkan bahwa harta tersebut merupakan hasil sendiri serta berada di kawasan Jakarta Selatan.

Sayangnya Ia juga memiliki hutang yang tidak sedikit. Ia dilaporkan memiliki hutang lebih dari Rp10.3 miliar.

Artikel Terkait