Lima Rest Area Terbaik di Indonesia, Pemudik Wajib Tahu

Kementerian PUPR memberikan predikat rest area terbaik pada lima lokasi, pemudik wajib mencoba saat Lebaran 2022

Lima Rest Area Terbaik di Indonesia, Pemudik Wajib Tahu
Photo: Kementerian PUPR

TRENOTO – Menjadi tempat istirahat bagi pengendara di jalan tol, beragam fasilitas diberikan rest area untuk menambah kenyamanan beristirahat. Melihat hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan predikat rest area terbaik akhir tahun lalu.

Bagi pemudik yang hendak melakukan perjalanan ke kampung halaman bisa mampir ke lima rest area tersebut agar perjalanan lebih menyenangkan. 

Cahyo Satrio Prakoso selaku Direktur Utama PT Jasamarga Related Business (JMRB) menjelaskan, rest area saat ini tak hanya berfungsi sebagai tempat istirahat namun juga objek wisata lokal yang memiliki karakteristik serta estetika lingkungan.

Selain itu, rest area juga diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan wilayah di sekitarnya, salah satunya dengan mengutamakan ketersediaan ruang usaha untuk para pemilik Usaha Mikro Kecil (UMK) di rest area.

"Rest area juga harus mampu menjadi wadah bagi para pelaku UKM dan sebagai roda penggerak ekonomi bagi masyarakat sekitar,” katanya dilansir laman resmi Jasamarga.

Photo : Kementerian PUPR

Tidak hanya yang dikelola oleh PT JMRB, predikat rest area terbaik juga diberikan pada sejumlah tempat istirahat di jalan tol Semarang-Solo.

Berikut 5 rest area terbaik di Indonesia 

  1. Rest Area KM 429A Jalan Tol Semarang - Solo dikelola PT Linggajati Qaireen.
  2. Rest Area KM 88B Jalan Tol Cipularang dikelola PT Jasamarga Related Business.
  3. Rest Area KM 97B Jalan Tol Cipularang dikelola PT Ingsu Jaya.
  4. Rest Area KM 456A & 456B Jalan Tol Semarang - Solo dikelola PT Astari Marga Sarana.
  5. Rest Area KM 487A & 487B Jalan Tol Semarang - Solo dikelola PT Trans Marga Jateng.

Photo : Kementerian PUPR

Peraturan Rest Area Saat Mudik

Agar tak terjadi kerumunan di satu lokasi, pemerintah menetapkan peraturan baru rest area saat mudik Lebaran 2022 seperti tidak berhenti terlalu lama.

Pemerintah siap memberlakukan aturan bahwa hanya memberikan waktu 30 menit bagi mudik yang ingin singgah di rest area. Hal ini menjadi perhatian karena pandemi Covid-19 masih terjadi, sehingga kerumunan harus dicegah terutama menjelang buka puasa.

Jasa Marga juga menegaskan bila pihaknya akan menerapkan sistem buka tutup rest area saat mudik Lebaran 2022. Hal ini dilakukan mengingat Tempat Istirahat dan Pelayan (TIP) berpotensi menjadi tempat berkumpul.

Artikel Terkait