Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini, Keuntungannya Ada Banyak

Lokasi layanan sim keliling hari ini kembali disesuaikan agar masyarakat bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan

Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini, Keuntungannya Ada Banyak
Photo: Trenoto

TRENOTO – Memperpanjang SIM kendaraan kini bisa dilakukan dengan beragam cara. Salah satu yang paling banyak dimanfaatkan adalah layanan SIM Keliling karena terbilang mudah dan tidak memutuhkan waktu terlalu lama.

Tak hanya itu, keuntungan lain memanfaatkan SIM Keliling adalah lokasinya yang terbilang strategis bila dibandingkan Satpas SIM. Dengan demikian masyarakat bisa lebih mudah untuk mengaksesnya di tengah-tegah kepadatan jadwal.

Layanan SIM Keliling pun umumnya berpindah-pindah untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Untuk di Jakarta, Bekasi dan Tangerang Selatan, total titik layanan tersebut mencapai 9 titik berbeda.

Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini di Jakarta, Bekasi dan Tangsel

Photo : NTMC Polri

  • Jakarta Timur : Mall Grand Cakung (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Jakarta Selatan : Kampus Trilogi Kalibata (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Jakarta Barat : LTC Glodok & Mall Citraland (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Jakarta Pusat : Kantor Pos Lapangan Banteng (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Bekasi : Metropolitan Mall Bekasi (waktu operasional 08.00 – 10.00 WIB)
  • Tangsel (Pamulang) : Pamulang Square (waktu operasional 08.00 – 13.00 WIB)
  • Tangsel (BSD) : ITC BSD (waktu operasional 08.00 – 13.00 WIB dan 15.00 – 17.00 WIB)

Perlu diingat bahwa SIM kendaraan memiliki masa berlaku terbatas yaitu 5 tahun. Pemiliknya harus segera menambah masa berlaku salah satu syarat pengendara ini sebelum masa berlaku habis agar dapat berkendara di jalan umum secara legal.

Namun perpanjangan SIM hanya bisa dilakukan bila pemiliknya tidak terlambat untuk mengurusnya. Pasalnya, bila terlambat melakukannya meski hanya 1 hari maka pemegang SIM diharuskan untuk melakukan prosedur pembuatan SIM baru.

Jangan lupa untuk menyiaplanbeberapa berkas, seperti KTP serta SIM lama dengan biaya sebesar Rp80 ribu untuk SIM A dan Rp 75 ribu untuk SIM C. Perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut masih belum termasuk biaya periksa kesehatan Rp25 ribu serta asuransi.

Photo : NTMC Polri

Perlu diketahui bahwa layanan SIM Keliling hanya melayani perpanjangan SIM A serta C. Sementara untuk pembuatan SIM baru, masyarakat harus mendatangi Satuan Penyelanggara Adminitrasi SIM (Satpas) Polri terdekat.

Artikel Terkait