Lokasi Layanan SIM Keliling Pada Akhir Pekan Ini

Layanan SIM Keliling Pada Akhir Pekan ini sudah ditetapkan dengan menyesuaikan keadaan agar masyarakat lebih mudah mengjangkaunya

Lokasi Layanan SIM Keliling Pada Akhir Pekan Ini
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Kepolisian kembali membuka layanan SIM Keliling pada akhir pekan guna memudahkan mereka yang tidak bisa mengatur jadwal di hari kerja. Diharapkan dengan adanya layanan pada akhir pekan ini bisa membuat masyarakat lebih mudah untuk memperpanjang masa berlaku SIM.

Diadakannya layanan SIM Keliling pada akhir pekan memang bertujuan untuk memberi kesempatan masyarat yang tidak memiliki waktu melakukan pengurusan di hari kerja. Tentunya hal ini akan memudahkan masyarakat.

SIM kendaraan memang memiliki masa berlaku yang terbatas yaitu hanya 5 tahun. Setelah 5 tahun, pemilik SIM harus memperpanjangnya agar tetap bisa menggunakan kendaraan bermotor di jalan umum secara legal.

Photo : NTMC Polri

Namun harus dicatat bahwa prosedur perpanjangan hanya bisa dilakukan bila pemilik SIM tidak terlambat mengurusnya. Bila terlambat 1 hari saja maka harus mengikuti kembali prosedur pembuatan SIM baru.

Lokasi SIM Keliling Jakarta, Bekasi dan Tangsel

  • Jakarta Timur : Mall Grand Cakung (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Jakarta Selatan : Kampus Trilogi Kalibata (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Jakarta Barat : LTC Glodok & Mall Citraland (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Jakarta Pusat : Kantor Pos Lapangan Banteng (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Bekasi : Revo Town Bekasi (waktu operasional 08.00 – 10.00 WIB)
  • Tangsel (Bintaro) : Bintaro Plaza (waktu operasional 08.00 -13.00 dan 15.00 - 17.00 WIB)
  • Tangsel (BSD) : ITC BSD (waktu operasional 08.00 – 13.00 WIB)

Photo : Trenoto

Untuk memperpanjang SIM, masyarakat diminta untuk mempersiapkan beberapa berkas, seperti KTP serta SIM lama dengan biaya perpanjangan sebesar Rp80 ribu untuk SIM A dan Rp75 ribu untuk SIM C. Perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut masih belum termasuk biaya periksa kesehatan Rp25 ribu serta asuransi.

Perlu diketahui bahwa layanan SIM Keliling hanya melayani perpanjangan SIM A dan C. Sementara untuk pembuatan SIM baru, masyarakat harus mendatangi Satuan Penyelanggara Adminitrasi SIM (Satpas) Polri terdekat.

Guna menghindari antrian yang terlalu panjang, tidak ada salahnya untuk datang ke lokasi lebih awal. Semakin pagi datang maka SIM akan lebih cepat dikerjakan.

Artikel Terkait