Lokasi SIM Keliling Hari Ini, Sebelum Mulai Bulan Ramadhan

Jelang Ramadhan, Kepolisian tetap mengoptimalkan 9 lokasi SIM Keliling hari ini untuk melayani masyarakat

Lokasi SIM Keliling Hari Ini, Sebelum Mulai Bulan Ramadhan
Photo: Trenoto

TRENOTO – Menjelang bulan Ramadhan, lokasi SIM Keliling hari ini tetap dioptimalkan seperti biasa. Dengan harapan masyarakat bisa lebih tenang menjalani ibadah puasa tanpa harus kesulitan memperbarui masa berlaku SIM.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah memutuskan bahwa mulai puasa dimulai besok, 3 April 2022. Keputusan tersebut diambil dalam sidang Isbat yang dilakukan 1 April 2022 dan diketahui bahwa hilal tidak terlihat.

Oleh karena itu, maka hari ini adalah kesempatan emas bagi yang hendak beribadah tanpa harus terganggu kewajiban memperpanjang SIM. Terlebih, Kepolisian tetap membuka 9 titik SIM Keliling di Jakarta, Bekasi dan Tangerang Selatan.

Photo : Trenoto

Perlu diketahui bahwa Surat Izin Mengemudi hanya berlaku selama 5 tahun sehingga masyarakat harus rutin untuk memperpanjangnya. Guna memberi kemudahan, maka Kepolisian membuka fasilitas layanan yang dapat ditempatkan di titik-titik strategis.

Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini di Jakarta, Bekasi dan Tangsel

  • Jakarta Timur : Mall Grand Cakung (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Jakarta Selatan : Kampus Trilogi Kalibata (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Jakarta Barat : LTC Glodok & Mall Citraland (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Jakarta Pusat : Kantor Pos Lapangan Banteng (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Bekasi : Revo Town (waktu operasional 08.00 – 10.00 WIB)
  • Tangsel (Pamulang) : Pamulang Square (waktu operasional 08.00 – 13.00 WIB)
  • Tangsel (BSD) : ITC BSD (waktu operasional 08.00 – 13.00 WIB dan 15.00 – 17.00 WIB)

Photo : NTMC Polri

Namun perpanjangan SIM hanya bisa dilakukan bila pemiliknya tidak terlambat untuk mengurusnya. Pasalnya, bila terlambat melakukannya meski hanya 1 hari maka pemohon diharuskan untuk melakukan prosedur pembuatan SIM baru.

Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa berkas, seperti KTP serta SIM lama dengan biaya sebesar Rp80 ribu untuk SIM A dan Rp 75 ribu untuk SIM C. Perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut masih belum termasuk biaya periksa kesehatan Rp25 ribu serta asuransi.

Selai  itu, layanan hanya melayani perpanjangan SIM A serta C. Sementara untuk pembuatan kartu baru, masyarakat harus mendatangi Satuan Penyelenggara Adminitrasi SIM (Satpas) Polri terdekat.

Artikel Terkait