Makin Canggih, iPhone 14 Bisa Deteksi Kecelakaan

iPhone 14 bisa deteksi kecelakaan yang menimpa para penggunanya sehingga bisa segera ditolong oleh keluarga

Makin Canggih, iPhone 14 Bisa Deteksi Kecelakaan
Photo: Cardekho
  • Oleh Adi Hidayat

  • Sabtu, 10 September 2022 | 07:46 WIB

TRENOTO – Apple resmi meluncurkan iPhone 14 dengan beragam pembaruan menarik. Smartphone ini telah dilengkapi beragam keunggulan, termasuk A16 Bionic Chip, kamera utama belakang 48 MP, telepoto 12 MP dan ultra wide 12 MP.

Namun smartphone tersebut tidak hanya menghadirkan beragam kenyamanan untuk penggunanya dalam hal konektivitas. Pasalnya terdapat beberapa pengembangan yang disematkan untuk kebutuhan berkendara.

Dilansir dari Cardekho, sedikitnya ada 3 fitur unggulan untuk para pengguna kendaraan bermotor di smartphone tersebut. Berikut adalah fitur penting di iPhone 14 untuk pengendara

1. Crash Notification

Photo : Cardekho

Fitur pertama adalah iPhone 14 bisa deteksi kecelakaan berkat crash detection yang akan memberi notifikasi darurat ke kontak terdaftar. Cara kerjanya pun menarik karena menanfaatkan beragam perangkat di dalam handphone.

Pertama GPS akan mendeteksi perubahan kecepatan, barometer mendeteksi tekanan kabin dan microphne mengenali suara benturan. Ketika terdeteksi, sistem akan mengirimkan notifikasi pada perakat.

Bila pengguna tidak merespon dalam 10 detik, maka notifikasi akan dikirimkan ke kontak darurat.

2. Emergency Satellite SOS

Photo : Cardekho

Jika tersesat tanpa koneksi jaringan apa pun dan ingin mengirim pesan darurat, maka fitur iPhone 14 ini dapat sangat membantu. Pasalnya pengguna cukup mengarahkan ponsel ke langit kemudian sistem akan memberitahu lokasi satelit terdekat.

Bila sudah terhubung maka pesan darurat akan dikirim ke pusat Applet Replay dan mengirimnya kembali ke kontak darurat. Menariknya, fitur ini juga bisa digunakan untuk berbagi lokasi sehingga pertolongan bisa lebih cepat dilakukan.

3. Tampilan Navigasi

Photo : Cardekho

Navigasi pada iPhone 14 juga telah mendapat pengembangan baru karena pengguna tetap bisa mendapatkan petunjuk arah meski telah mengubah layar ke halaman lain. Dengan demikian mereka tetap bisa mengoptimalkan smartphone tanpa kehilangan arah.

Dilansir dari Katadata.co.id, Apple telah menghadirkan iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max sejak 7 September 2022 lalu. Ponsel ini dibanderol mulai dari USD799 (Rp11.9 juta) hingga USD1.099 (16.3 juta).

Sayangnya hingga kini belum disampaikan kapan smartphone tersebut akan meluncur di Tanah Air. Namun umumnya, Indonesia akan mendapatkan iPhone baru pada akhir tahun, sekitar November atau Desember 2022.

Artikel Terkait