Makin Padat, Ketahui Jam Macet Jakarta untuk Dihindari

Agar tidak mengalami kemacetan di jalan hingga berjam-jam, mengetahui jam macet Jakarta merupakan hal penting

Makin Padat, Ketahui Jam Macet Jakarta untuk Dihindari
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Sebagai kota Metropolitan terdapat pola yang sudah terbentuk khususnya untuk kondisi jalanan. Mengenali jam macet Jakarta merupakan siasat terhindar dari padatnya lalu lintas hingga menyita banyak waktu.

mengetahui titik kemacetan dan waktu paling padat di jalan menjadi penting bagi masyarakat yang kerap beraktivitas di Ibu Kota. 

"Pada pukul 07.00-09.00 WIB dan pulang kerja itu jam 14.00-16.00 WIB itu di angka 48 persen,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di Jakarta.

Dalam penjelasannya, Latif menyebut situasi lalu lintas tersebut sangatlah padat dan membuat penguna jalan menjadi tidak nyaman. Terlebih bila kondisi fisik dalam keadaan lelah setelah beraktifitas seharian.

"Kalau sudah di angka itu, sudah padat sekali," ujarnya.

Photo : NTMC Polri



Terdapat beberapa akses masuk ke Jakarta yang kerap menjadi pusat kemacetan lalu lintas di beberapa jam sibuk, antara lain tol Cikampek, Merak dan Jagorawi. Karena itu, pengendara bisa memilih menggunakan jalan pada pukul 10.00-15.00 WIB di mana kondisi jalan cukup lengang.

Sedangkan akses masuk Jakarta via jalur arteri yang kerap terjadi kepadatan di jam sibuk antara lain Cakung, Kalimalang, Lenteng Agung, Fatmawati, Lebak Bulus dan Daan Mogot.

Latif juga mengatakan personel polisi lalu lintas telah berbuat maksimal untuk mengurai kepadatan lalu lintas di jam-jam sibuk. Namun, pihaknya memiliki beberapa kesulitan hingga akhirnya muncul gagasan untuk melakukan pengaturan terhadap jam masuk kantor baik di instansi pemerintah, swasta dan instansi pendidikan.

"Kalau mereka aktivitas secara bersama-sama, harus melakukan apel jam 7 pagi, Jakarta ini seperti kena banjir bandang setiap hari dan kami di hilir harus mengatur dalam waktu bersamaan," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa saat ini Jakarta sudah dipadati belasan juta jiwa setiap harinya. Ditambah para pekerja dari kota-kota satelit sekitarnya, maka kondisi jalanan akan semakin ruwet.

Photo : 123RF



"Perlu disampaikan bahwa penduduk Jakarta itu sudah 10 juta sendiri. Aktivitas masyarakat yang masuk kota Jakarta pada siang hari ada 3 juta 300 ribu sekian. Sehingga ada sekitar 13 juta orang," kata Latif.

Adapun teknis pengaturan jam masuk kantor tersebut akan diserahkan kepada masing-masing lembaga yang nantinya akan dikoordinasikan lebih lanjut untuk mengurai kepadatan di jam sibuk.

"Ini perlu masukan dan saran seluruh stakeholder yang ada, sehingga tidak terjadi kepadatan di jam kerja, khususnya pukul 06.00-09.00 pagi," katanya.

Artikel Terkait