Manfaat Pertamina Spreeze, Bisa Mudahkan Buka Baut Berkarat

Ada banyak manfaat Pertamina Spreeze yang bisa dirasakan oleh pelanggan, termasuk memudahkan membuka baut berkarat

Manfaat Pertamina Spreeze, Bisa Mudahkan Buka Baut Berkarat
Photo: TrenOto

TRENOTO – Pertamina Spreeze resmi diluncurkan sebagai pilihan baru untuk masyarakat yang membutuhkan pelumas pembersih karat. Kehadirannya tentu menjadi sebuah pilihan menarik karena selama ini Pertamina Lubricants tidak memiliki produk serupa.

Penetrant oil merupakan pelumas yang bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk membersihkan karat pada logam seperti baut. Pasalnya cairan ini mampu masuk ke celah logam kemudian melunakkan karat dan memudahkan pelanggan saat melepas baut.

Manfaat Pertamina Spreeze sangat beragam mulai dari pembersih hingga melindungi dari kelembapan. Dengan demikian logam akan lebih terjaga kondisinya,” ungkap Ari Fajar Hariyanto, Senior Specialist III Petchem dan Petrol Non Fuel (NF) RTI Pertamina.

Photo : TrenOto

Fungsi tersebut tentunya akan sangat menguntungkan bagi pemilik kendaraan khususnya di kawasan tropis. Pasalnya air hujan memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga bila dibiarkan menempel dapat menyebabkan karat.

Tak hanya itu, selama pengembangan juga ditemukan bahwa Pertamina Spreeze memiliki konduktivitas nol. Itu artinya cairan tidak menghantarkan listrik sehingga aman dimanfaatkan untuk membersihkan mesin serta aki.

Baca juga : Pertamina Spreeze Gunakan Formula Khusus dan Harga Menarik

Hal senada juga disampaikan oleh Faradina Dwi Martiningrum, Manager Grease & Specialty Product PT Pertamina Lubricants. Ia bahkan menegaskan fungsi dari produk terbaru itu sebenarnya bisa lebih luas.

“Kami telah menyebarkan sekitar 1.000 botol untuk masyarakat saat studi. Dari sana ditemukan banyak hal, termasuk kemampuan Pertamina Spreeze membersihkan beberapa hal lain seperti lampu dan kaca,” ungkapnya.

Spreeze merupakan produk terbaru dari PT Pertamina Lubricants. Pelumas ini sudah dikembangkan sejak 2014, kemudian diuji coba pada 2019 dan resmi diluncurkan untuk masyarakat siang hari tadi.

Photo : TrenOto

Selain diproduksi di dalam negeri, 40 persen dari bahan yang digunakan sudah memanfaatkan produk lokal. Jumlah tersebut diklaim sudah cukup besar untuk industri pelumas sehingga cukup untuk membuatnya memilki harga kompetitif.

Faradina menambahkan bahwa Pertamina Spreeze relatif lebih ramah lingkungan karena kadar BTX (Benzene, Toluene dan Xylene Aromatic) rendah sehingga tidak karsinogenik. Produk juga dipastikan telah silicon free serta low toxicity sehingga aman digunakan.

Artikel Terkait