Marc Marquez Alami Gegar Otak, Masih Dalam Tahap pemulihan

Marc Marquez alami gegar otak setelah kecelakaan pada sesi warm up di Sirkuit Mandalika, berharap bisa kembali di MotoGP Argentina

Marc Marquez Alami Gegar Otak, Masih Dalam Tahap pemulihan
Photo: MotoGP

TRENOTO – Pebalap Repsol Honda Marc Marquez alami gegar otak setelah kecelakaan di sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022). Melihat kondisi ini, pria asal Spayol tersebut tak bisa mengikuti seri kedua MotoGP yang berlangsung di Indonesia. 

"Setelah mengunjungi rumah sakit setempat untuk pemeriksaan lebih lanjut, Marquez kembali ke Sirkuit Pertamina Mandalika. Namun sayangnya pebalap nomor 93 tersebut tidak bisa tampil di Indonesia karena gegar otak yang dialaminya," tulis website resmi MotoGP. 

Tak hilang semangat, Marquez saat ini fokus menjalani pemulihan. Dirinya akan kembali bertanding di MotoGP Argentina dua pekan mendatang.

"Marquez sekarang memiliki tujuan untuk sepenuhnya fit di Grand Prix Argentina dalam waktu dua minggu," tulis informasi yang sama.

Ikut melakukan pemeriksaan, Dr Angel Charte menegaskan bila kondisi Marquez saat ini baik-baik saja. Meski demikian, pria berusia 29 tahun tersebut mengalami cedera di bagian kepala.

"Marc baik-baik saja. Dia mengalami kecelakaan pada saat pemanasan, yang mengakibatkan cedera kepala. Awalnya, kami memeriksanya di sini dan kemudian merujuknya ke rumah sakit di Lombok. Dia menjalani beberapa tes radiologi dengan hasil negatif," ujarnya. 

Meski demikian, pengamatan selama 24 jam perlu dilakukan untuk mengetahui lebih jauh kondisi kesehatan Marquez. Dan staf medis MotoGP menyatakan bila pebalap dalam kondisi tidak fit.

 "Sesuai kesepakatan dengan pebalap dan tim, serta fakta bahwa jenis patologi ini memerlukan periode pengamatan antara 12 dan 24 jam, pebalap, tim, dan staf medis MotoGP telah memutuskan untuk menyatakan dia tidak fit,” ujar Charte.  

Photo : MotoGP

Sebagai informasi, Marc Marquez mengalami highside di tikungan 7 dan membuatnya terpelanting berkali-kali. Ini merupakan insiden keempat yang dialaminya selama di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Dua insiden pertama dialami pada sesi latihan bebas. Lalu Ia mengalami kecelakaan kembali pada saat kualifikasi yang membuatnya harus memulai balapan dari posisi 14. 

Minggu pagi para pebalap berkesempatan untuk melakukan sesi pemanasan atau warm up. Pebalap berjuluk The Baby Alien tersebut kembali mengalami insiden pada sesi warm up. 

Bedanya kali ini Marquez mengalami insiden yang mengerikan yakni highside. Setelah mengalami highside, Marquez memang masih bisa berdiri dan dibawa kembali ke paddock tim. 

Namun sang pebalap kemudian dibawa ke rumah sakit di Mataram untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Marquez sejak latihan bebas memang belum mendapatkan performa terbaiknya di Mandalika, karena hasil catatan waktunya masih jauh dari harapan.

Artikel Terkait