Mau Mudik, Begini Cara Menghemat BBM Mobil

Cara menghemat BBM mobil menjadi penting pada mudik lebaran kali ini karena harga BBM sudah semakin tinggi

Mau Mudik, Begini Cara Menghemat BBM Mobil
Photo: TrenOto

TRENOTO – Mudik Lebaran dengan mobil pribadi akan menjadi cerita yang menarik. Karena tahun ini Pemerintah sudah mengizinkan masyarakat untuk melakukan aktivitas mudik Lebaran.

Namun mudik kali ini akan ada bebeberapa perbedaan. Karena selain mudik dalam suasana pandemi, masyarakat dihadapkan dengan harga BBM yang semakin tinggi.

Setelah BBM non subsidi mengalami kenaikan cukup berarti. Muncul wacana untuk menyesuaikan harga BBM jenis Pertalite yang merupakan jenis bahan bakar subsidi.

Guna membuat mudik Lebaran tahun ini tidak terasa begitu berat, ada baiknya mengetahui cara menghemat BBM mobil menjadi lebih efisien dalam penggunaan BBM.

Photo : TrenOto

Lung Lung dari Dokter Mobil membagikan beberapa tips untuk membuat mobil pribadi lebih efisien.

“Sebenarnya sudah menjadi tradisi kita bahwa sebelum mudik baiknya mobil diservis terlebih dahulu. Ketika servis tidak hanya oli, namun kaki-kaki, tune up juga harus dipikirkan,” kata Lung Lung kepada TrenOto (19/04).

  • Beban Berlebih

Untuk para pemudik, disarankan untuk tidak membawa beban yang berlebih pada kendaraannya. Karena membawa ekstra beban tidak bagus bagi kendaraan.

Sebagai contoh bagi pemudik yang membawa mobil tiga baris jok seperti Toyota Avanza dan hanya menggunakan jok dua baris. Pertimbangkan untuk mencopot jok baris ketiga untuk mengurangi bobot.

  • Tekanan Ban

Tekanan ban sangat penting untuk menentukan efisiensi sebuah kendaraan. Sesuaikan dengan jumlah beban kendaraan karena berlebihan atau kurang tidak bagus.

“Masukin dulu semua barang yang akan dibawa. Setelah itu baru bisa menentukan berapa tekanan nan pas pada ban mobil,” ucapnya.

  • Oli Lebih Encer

Untuk mendapatkan efisiensi lebih baik pada kendaraan adalah dengan menggunakan oli lebih encer. Oli lebih encer atau angka viskositas lebih rendah akan membuat tarikan kendaraan lebih bagus, namun mesin lebih berisik.

Photo : 123RF

“Untuk menyiasatinya (suara berisik), bisa pakai aditif anti friksi atau anti gesek. Di Dokter Mobil setiap service tune up sudah gratis aditif tersebut,” jelasnya kemudian.

  • Sistem Pendingin dan AC

AC (Air Conditioned) harus diservis dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum mudik. Radiator juga harus dibersihkan dan dipastikan semuanya berfungsi dengan benar.

“Sebenarnya ketika Anda mengeliminasi panas pada mobil, biasanya efisiensi akan naik dan AC akan lebih dingin,” tutupnya.

Artikel Terkait