Melihat Pabrik Aki Massiv, Sudah Ekspor ke Belasan Negara

Menggunakan beragam teknologi modern, rekan-rekan media diajak melihat proses produksi pabrik aki Massiv di Jakarta

Melihat Pabrik Aki Massiv, Sudah Ekspor ke Belasan Negara
Photo: Pribadi

TRENOTO – Merupakan produk buatan Indonesia, aki Massiv hadir dengan kandungan komponen lokal mencapai 80 persen. Berada di bawah naungan PT Trimitra Baterai Prakarsa, produksi pabrik aki Massiv serta Riset & Development (R&D) komponen tersebut dilakukan di kawasan industri Cakung Cilincing, Jakarta. 

Memiliki kapasitas produksi hingga 5 juta unit setahun, 65 persen komposisi pabrik digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan 35 persen akan dikirim sebagai produk ekspor.

"Selain Halal Bi Halal dengan rekan media, kami juga mengajak langsung ke pabrik Massiv dan kolega di kawasan industri Cakung Cilincing, Jakarta Utara," kata Satriawan Agung Prabowo, Pilot Project Massiv di Jakarta.

Untuk pasar ekspor, sebagian besar aki akan dikirim ke beberapa negara seperti Inggris dan uni Eropa, Australia, Arab Saudi, Yaman, Vietnam, Thailand, Kenya, Sudan, China, Taiwan, serta Argentina.

Photo : Pribadi

Menggunakan standar internasional, produksi tersebut telah diakui Deutsches Institute fur Normung (DIN), Japanese Industrial Standards (JIS) dan Australia Standards (AS).

"Mereka bisa menyaksikan langsung produksi Massiv mulai dari raw material, processing hingga packing di factory trip Massiv 2022 ini,” ujarnya.

Proses Pembuatan Aki

Sederet raw material produksi aki menjadi hal utama yang perlu dipersiapkan. Mulai dari batangan timah hingga material lainnya.

Rangkaian produksi meliputi proses Oxide (pembuatan serbuk timbal), Grid Casting (pembuatan grid), Lead Strip (pembuatan coil expanded), Mixing, Pasting dan Expanded, Curing (pembuatan pasta serta pelekatan pasta pada grid/expanded). 

Produksi dilanjutkan dengan Formation (pembentukan dan pematangan plat), Assembly (perakitan komponen-komponen baterai), Wet Charging (charging baterai) dan Finishing (pemakaian asesoris). 

Artikel Terkait