Mengenal Ciri-ciri Transmisi Otomatis Mobil Mulai Bermasalah

transmisi otomatis mobil perlu mendapatkan perawatan berkala agar tidak mengalami kerusakan yang merugikan

Mengenal Ciri-ciri Transmisi Otomatis Mobil Mulai Bermasalah
Photo: 123rf

TRENOTO – Mobil transmisi otomatis kini semakin digemari di Indonesia khususnya di kota-kota besar. Kendaraan dengan transmisi otomatis memiliki nilai lebih yang memanjakan penggunanya.

Hidup di kota besar nan padat bahkan cenderung dihiasi kemacetan panjang hampir setiap hari. Tentu akan dimudahkan berkat mobil transmisi otomatis.

Kemudahan nan ditawarkan karena pengemudi hanya disediakan dua pedal yakni gas dan rem. Tidak ada pedal kopling untuk memindahkan gigi, sehingga kaki kiri bisa lebih santai saat perjalanan.

Namun transmisi otomatis mobil juga perlu mendapatkan perhatian. Perawatan transmisi jenis ini berbeda dengan jenis manual sehingga membutuhkan perlakuan yang berbeda.

Photo : 123RF

Tidak hanya harus ditebus dengan harga lebih mahal, transmisi otomatis juga membutuhkan dana ekstra jika mengalami kerusakan. Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian lebih agar tidak mengalami kerugian terlalu banyak.

Sebelum mengenali ciri-ciri transmisi otomatis mobil bermasalah, ada baiknya pemilik kendaraan mengetahui cara kerja transmisi tersebut. Paling tidak mengetahui setiap fungsi posisi gigi yang tertera pada tuasnya.

Pada tuas transmisi otomatis mobil, umumnya terdapat huruf meliputi P, R, N, D dan L. Setiap mobil biasanya memiliki angka berbeda-beda namun pada dasarnya sama saja.

Huruf terakhir yakni L bisa berupa angka 2 atau 3 pada mobil lawas. Kemudian untuk mobil pengguna transmisi otomatis jenis CVT umumnya terdapat huruf L.

Arti dari huruf pada transmisi otomatis mobil

  • P : Park atau Parkir
  • R : Reverse atau mundur
  • N : Neutral atau netral
  • D : Drive atau jalan
  • L : Low atau berjalan dengan gigi terendah, biasanya hanya dipergunakan untuk jalan menanjak.

Artikel Terkait