Mengenal Keausan Pada Ban, Bisa Jadi Pertanda Kerusakan Parah

Mengenal keausan pada ban bukanlah perkara mudah karena ada banyak sebab bahkan bisa jadi pertanda kerusakan parah

Mengenal Keausan Pada Ban, Bisa Jadi Pertanda Kerusakan Parah
Photo: Auto2000

TRENOTO – Ban merupakan komponen penting pada kendaraan dan harus dijaga kondisinya. Pasalnya, ban adalah satu-satunya bagian dari mobil yang bersentuhan langsung dengan jalan sehingga sangat menentukan kenyamanan serta keselamatan.

Walau sudah dilakukan perawatan tetap saja ban bisa mengalami keausan. Tak jarang pula keausan justru menjadi pertanda adanya kerusakan lebih besar pada kendaraan namun tak disadari oleh pemilik.

Oleh karena itu pemilik kendaraan harus mengenal tanda-tanda keausan pada mobil. Sehingga diharapkan mereka bisa langsung segera melakukan tindakan pencegahan seperti pergi ke bengkel terdekat.

Mengenal Keausan Pada Ban Mobil yang Tidak Normal

Photo : Carscoops

Ban Aus pada Bagian Tepi atau Tengah Telapak

Jenis keausan pada bagian ini menandakan tekanan udara tidak sesuai rekomendasi pabrikan. Bila ban sering kekurangan tekanan udara, kedua sisi luar telapak akan aus lebih dulu.

Sebaliknya, kalau tekanan udara terlalu tinggi, maka yang aus terlebih dahulu adalah pada bagian tengah telapak. Untuk menghindarinya, pastikan tekanan udara ban tidak kurang atau lebih dengan mengukurnya seminggu sekali.

Ban Aus Sebelah Dalam atau Luar Saja

Suspensi rusak dapat mengakibatkan keausan tidak normal karena peredaman bertumpu pada ban. Penyebab lain dari keausan sebelah adalah karena sudut camber tidak tepat.

Pada camber negatif, keausan ban sebelah dalam akan lebih cepat, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, cek kondisi suspensi secara berkala dan pastikan melakukan spooring sesuai anjuran.

Ban Aus Berserabut

Ban aus disertai serabut atau berbulu pada bagian telapak disebabkan oleh kondisi toe-in sudah tidak tepat. Toe in terlalu besar menyebabkan roda selip keluar dan menggesek bidang telapak bagian dalam ke permukaan jalan.

Keausan membentuk susunan seperti bulu halus. Pastikan keausan seperti ini tidak terjadi dengan memeriksa kaki-kaki mobil dan spooring ban.

Ban Aus Toe and Heel

Photo : Goodyear

Penyebab keausan ini adalah pengereman dilakukan berulang-ulang secara cepat pada jarak pendek, terutama pada permukaan jalan rusak. Penyebab lainnya, bushing suspensi, ball joint dan bearing roda sudah mengalami kerusakan.

Ban Aus Setempat

Ban aus setempat atau spot wear adalah aus pada telapak yang bentuknya seperti lekukan mangkok akibat pengereman mendadak atau panic braking. Biayanya terjadi pada kendaraan dengan rem konvenisonal atau sistem ABS-nya bermasalah.

Kondisi itu juga bisa terjadi ketika bearing roda, ball joint, tie rod end dan bagian lain kaki-kaki mobil rusak sehingga membuat ban goyang pada titik tertentu.

Artikel Terkait