Mengenal STNK, Biaya dan Tata Cara Pengurusannya

Mengenal STNK, surat kendaraan yang harus selalu dibawa saat melakukan perjalanan sebagai identitas resmi

Mengenal STNK, Biaya dan Tata Cara Pengurusannya
Photo: ANTARA FOTO/ROSA PANGGABEAN

TRENOTO – Mengenal STNK yang merupakan singkatan dari (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Surat ini wajib dibawa saat berkendara sebagai tanda bukti pengesahan secara hukum.

Kendaraan yang tidak memiliki STNK, akan dicurigai sebagai kendaraan curian atau disebut bodong. Hal ini tentu berbahaya bagi pengendara karena akan dicurigai sebagai pelaku tindak kejahatan.

Untuk wilayah Indonesia, STNK diterbitkan oleh Samsat dan didukung tiga instansi lainnya, yakni Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja.

Tanda Pengenal Kendaraan

Selain bukti pengesahan kendaraan, memiliki STNK merupakan tanda pengenal bagi pemilik yang sah. Karena itu, surat ini wajib dibawa setiap berkendara. Pemeriksaaan terkait kelengkapan surat sering kali dilakukan pihak kepolisian di jalan.

Photo : Wuling.id

Ini sebagai langkah antisipasi tindak kriminalitas dan mengetahui dengan jelas apakah pengendara sudah memenuhi syarat untuk bisa memacu kendaraannya di jalan. Tidak membawa STNK saat berkendara juga berpotensi mendapatkan tilang.

Polisi juga akan menyita kendaraan yang digunakan apabila tak bisa menunjukan kelengkapan surat, tak terkecuali STNK. Saat hendak mengambil kendaraan yang disita polisi, pemilik harus bisa membuktikan terlebih dahulu mobil  yang digunakan merupakan miliknya.

Karena itu, sebaiknya pengendara tak melupakan kelengkapan surat-surat saat berkendara. Terdapat dua kelengkapan surat yang terpenting dan menjadi fokus polisi saat melakukan pemeriksaan, yakni STNK dan SIM.

Artikel Terkait