Toyota Fortuner Hybrid Meluncur Mulai Rp 705 Jutaan
19 April 2024, 15:00 WIB
Toyota Fortuner Hybrid meluncur menggunakan sistem mild hybrid 48V, harga trim terendah Rp 705 jutaan
Melalui teknologi yang ada saat ini, minat kendaraan listrik di Indonesia tercatat mengalami peningkatan hingga 300 persen
Oleh Dian Tami Kosasih
TRENOTO – Minat kendaraan listrik di Indonesia mengalami peningkatan hingga 300 persen berdasarkan penelusuran Google Trends untuk periode 2020 hingga 2021.
Karlina Ayuningtyas selaku Industry Analyst Google Indonesia menyebut, penelusuran terkait kendaraan listrik di Youtube juga mengalami peningkatan hingga 60 persen.
"Kita tentu dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya," kata Karlina Ayuningtyas.
Dari total penelusuran, Karlina menjelaskan bila harga kendaraan EV (electric vehicle) merupakan informasi paling banyak dicari oleh masyarakat. Tercatat 35 persen penelusuran berkaitan dengan informasi ini.
Tak hanya mobil listrik, pencarian terkait kendaraan hibrida juga cukup mendominasi. Tercatat, sekitar 29 persen pencarian terkait kendaraan ramah lingkungan berada di segmen ini khususnya soal harga.
"Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen yang baru ini, yang 90 persen di antaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online," imbuhnya.
Mengalahkan mobil di segmen SUV dan hatchback, volume penelusuran untuk kendaraan listrik di Google lebih tinggi 30 persen pada Agustus 2021 sampai Juli 2022. Periode yang sama juga mencatat penelusuran terkait motor listrik di YouTube naik 85 persen.
Tren terkait otomotif di Google juga mengalami kenaikan 20 persen. Penelusuran di YouTube untuk kreator konten yang berspesialisasi dalam konten otomotif naik 16 persen dan penelusuran untuk diler naik 43 persen selama periode yang sama.
Tak hanya itu, penelusuran terkait pameran otomotif seperti GIIAS dan jalur pembelian mobil juga meningkat. Survei Pelanggan Google terkait otomotif didominasi kata kunci produk baru listrik 44 persen; promo 19 persen; fitur baru 18 persen; kendaraan EV dan hibrida 17 persen dan uji coba kendaraan mobil baru 11 persen .
Saat ini informasi melalui daring merupakan sumber utama pencarian masyarakat. 61 persen responden survei pada bulan Juli 2022 mengatakan bahwa mereka menggunakan platform tersebut, diikuti media sosial, TV atau radio, disusul oleh media cetak dan papan iklan.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
Terkini
19 April 2024, 15:00 WIB
Toyota Fortuner Hybrid meluncur menggunakan sistem mild hybrid 48V, harga trim terendah Rp 705 jutaan
19 April 2024, 14:00 WIB
Masih stabil dan tidak mengalami perubahan setelah Lebaran, berikut kami rangkum daftar harga LCGC April 2024
19 April 2024, 13:00 WIB
Persyaratan dan cara mengurus SIM hilang pada April 2024 tidak memiliki perbedaan dibanding bulan sebelumnya
19 April 2024, 11:00 WIB
Berikut jadwal maupun lokasi ganjil genap puncak yang bakal diterapkan Polres Bogor sejak Jumat sampai Minggu
19 April 2024, 10:00 WIB
Menarik minat produsen Eropa, Chery siap berbagi platform untuk mobil listrik produksi Jaguar Land Rover
19 April 2024, 09:00 WIB
Pengendara Fortuner arogan berpelat TNI terancam penjara enam tahun sesuai pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Surat
19 April 2024, 08:00 WIB
Syarat penggunaan pelat dinas TNI ternyata cukup rumit sehingga tidak sembarangan orang bisa memakainya
19 April 2024, 07:00 WIB
Kepolisian sebut ada 8.725 mobil langgar ganjil genap saat libur Lebaran 2024 dan akan diproses secara hukum