Mudah, Begini Cara Bersihkan Blok Mesin

Perlu dibersihkan pemilik secara rutin dan benar, blok mesin ternyata berpengaruh pada performa kendaraan

Mudah, Begini Cara Bersihkan Blok Mesin
Photo: Suzuki Indonesia

TRENOTO – Kebersihan blok mesin ternyata berpengaruh pada performa kendaraan. Karena itu, pemilik sebaiknya memperhatikan hal ini dengan baik.

Tak perlu ke bengkel, membersihkan komponen ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Agar lebih mudah, pemilik harus mengetahui panduannya dengan benar.

Selain membuat mesin berkerja dengan baik, penampilan motor juga akan terlihat lebih bersih dan menarik. Berikut beberapa cara membersihkan blok mesin motor dilansir Suzuki Indonesia:

Siapkan Peralatan Yang Diperlukan

Untuk membersihkan blok mesin terdapat beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan, salah satunya sikat gigi bekas, kuas cat, mangkok plastik atau wadah sejenisnya, amplas halus, serta sedikit bensin dan sabun cuci piring.

Motor Dalam Keadaan Bersih

Blok mesin motor merupakan bagian yang mudah sekali kotor karena rembesan oli, serta debu dan kotoran dari luar.

Sebelum membersihkan bagian inti, pemilik sebaiknya membersihkan dulu seluruh kendaraan. Hal ini akan memudahkan pemilik saat membersihkan blok mesin motor.

Siapkan Larutan Pembersih

Saat membersihkan blok mesin motor, dibutuhkan bahan pembersih, seperti bensin dan cairan pembersih piring.Cairan ini ampuh untuk membersihkan blok mesin motor dari rembesan oli.

Pertama, siapkan mangkok plastik atau wadah sejenisnya, lalu tuangkan bensin setengah gelas. Setelah itu, campur dengan larutan pembersih piring secukupnya, aduk rata, dan cairan pembersih siap digunakan.

Photo : Suzuki Indonesia

Olesi Permukaan Blok Mesin Dengan Cairan Pembersih

Cara membersihkan blok mesin motor selanjutnya adalah mengoleskan cairan pembersih yang sudah dibuat keseluruh bagian blok mesin. Gunakan kuas cat untuk melakukan ini.

Pastikan seluruh permukaan dan bagian blok diolesi dengan cairan pembersih secara merata. Untuk bagian yang sulit, pemilik bisa olesi cairan pembersih dengan menggunakan sikat gigi bekas.

Setelah semua bagian diolesi cairan pembersih, langkah selanjutnya adalah mendiamkannya beberapa saat. Hal ini bertujuan agar cairan pembersih bisa meresap masuk ke seluruh bagian blok motor, dan mengangkat semua kotoran.

Selanjutnya, bersihkan blok mesin motor dengan menggunakan kuas. Sapu dengan kuas sampai seluruh kotoran yang menempel rontok. Untuk bagian yang sulit, bisa dengan menggunakan sikat gigi.

Karena cairan pembersih yang digunakan mengandung bensin, jaga agar tidak terkena bodi motor. Akibatnya bisa fatal, cat bisa saja mengelupas, dan merusak penampilan motor.

Bilas Dengan Air Bersih

Setelah semua bagian dibersihkan, langkah selanjutnya membilasnya dengan menggunakan air bersih. Untuk bagian yang belum bersih, bisa dilakukan pengulangan dengan cara mengoleskan cairan pembersih ke bagian blok mesin.

Lakukan langkah seperti sebelumnya. Untuk membilas, akan sangat efektif apabila dilakukan dengan menggunakan selang bertekanan tinggi.

Tujuannya agar kotoran pada bagian yang tersembunyi bisa terkikis dengan mudah oleh semprotan air.

Bersihkan Bagian Yang Berkarat

Membersihkan blok mesin motor dengan cairan pembersih dan air, hanya bisa menghilangkan kotoran berupa debu dan minyak. Khusus kerak dan karat, gunakan amplas halus.

Sediakan dua macam jenis amplas, yaitu 100 dan 400. Pada tahap pertama, bisa menggunakan amplas 100. Apabila kerak dan karat belum hilang, bisa menggunakan yang lebih kasar yaitu 400.

Menghilangkan karat dengan menggunakan amplas harus dilakukan dengan pelan dan hati-hati. Usahakan hanya bagian berkarat yang digosok. Jangan terkena bagian permukaan blok mesin. Bekas goresan amplas, akan membuat tampilan motor menjadi tidak menarik.

Gunakan Metal Polish

Setelah berhasil mengangkat semua kotoran dari blok mesin motor, oleskan metal polish atau autosol. Bahan ini bisa dibeli di toko dengan mudah dan harganya juga cukup terjangkau.

Cairan ini akan membuat blok mesin motor lebih mengilap, sehingga tampilan lebih menarik. 

Artikel Terkait