Mudahnya Mencari Lokasi Uji Emisi di DKI Jakarta Dengan Cara Ini

Pemilik kendaraan yang ingin mengetahui lokasi uji emisi kendaraan terdekat bisa menggunakan cara ini

Mudahnya Mencari Lokasi Uji Emisi di DKI Jakarta Dengan Cara Ini
Photo: ujiemisi.jakarta.go.id,

TRENOTO – Seluruh kendaraan roda dua dan empat yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta wajib melakukan uji emisi setelah berusia tiga tahun. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur No.66 Tahun 2020.

Meski demikian masih banyak pemilik kendaraan bingung, di mana lokasi uji emisi gas buang kendaraan terdekat. Menjawab hal ini, terdapat aplikasi E-Uji Emisi yang bisa diunduh pemilik kendaraan untuk mengetahui informasi lengkap terkait peraturan ini.

Dalam aplikasi ini, terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan pemilik kendaraan, salah satunya pengecekan hasil uji kendaraan dan informasi lokasi pelaksanaan uji emisi. 

Dilansir ujiemisi.jakarta.go.id, saat ini terdapat 284 bengkel dan 834 teknisi yang siap melayani uji emisi khusus kendaraan roda empat. Sedangkan kendaraan roda dua, terdapat 60 bengkel dan 123 teknisi.

Data yang sama mencatat, 551.390 kendaraan roda empat telah menjalani uji emisi di wilayah DKI Jakarta. Dalam pengujian ini, persentase kelulusan kendaraan mencapai 99.8 persen.

Khusus kendaraan roda dua, terdapat 49.825 motor yang telah melakukan uji emisi. Persentase untuk kendaraan ini lebih kecil dibandingkan mobil yakni 95.2 persen.

Photo : 123RF

Mekanisme Uji Emisi

Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui saat pemilik melakukan uji emisi kendaraan, berikut penjelasannya. 

Tahapan pertama yang harus dilakukan ialah mencari tempat uji emisi. Tempat ini bisa berupa bengkel, kios, atau kendaraan layanan. 

Artikel Terkait