Mudik Gratis Kemenhub dengan Bus Habis, Sisa Kapal Laut

Mudik gratis Kemenhub sudah terisi penuh, hanya tersisa satu armada transportasi yang menerima pemudik saat ini

Mudik Gratis Kemenhub dengan Bus Habis, Sisa Kapal Laut
Photo: Situs mudik Kemenhub

TRENOTO – Memberikan fasilitas kepada masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman, Kementerian perhubungan (Kemenhub) menyediakan beberapa armada transportasi secara gratis.

Harus melakukan pendaftaran, mudik gratis Kemenhub saat ini telah terisi penuh. Hanya tersedia satu moda transportasi yang dibuka saat ini yakni kapal laut. 

Budi Setiadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubdat Kemenhub) menyebut, masyarakat masih bisa mendapatkan fasilitas kapal laut dengan melakukan pendaftaran terlebih dulu.

"Kuotanya sudah habis kemarin jadi dari perhubungan darat sudah penuh semuanya. Tinggal yang masih dibuka itu mudik gratis dengan menggunakan kapal laut," katanya dalam konferensi pers virtual. 

Photo : Instagram @ditjen_hubdat

Budi juga menyebut anggaran yang telah dikeluarkan untuk program mudik gratis telah bertambah hingga Rp20 miliar karena terdapat 700 bus dan 70 truk yang akan mengantar pemudik ke kampung halaman.

"Alhamdulillah untuk mudik gratis 2022 kita menyiapkan anggaran hingga Rp20 miliar. Kemudian dengan jumlah kendaraan yang cukup banyak, yaitu sekitar 700 bus termasuk juga 70 truk untuk untuk mengangkut penumpang dan sepeda motornya," ujar dia.

Secara total Budi menyebut pihaknya siap mengantar 21 ribu pemudik ke beberapa kota di Jawa barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bukan tanpa alasan, pihaknya memberikan program ini untuk mengurangi pemudik dengan sepeda motor.

"Kementerian Perhubungan juga mencoba untuk mereduksi potensi pergerakan masyarakat yang akan menggunggunakan sepeda motor akan cukup banyak. Kita sejak satu minggu yang lalu telah memberikan mudik gratis kepada masyarakat," tutur Budi.

Photo : Dishub Yogyakarta

Link daftar mudik gratis 2022 dari Kemenhub

Cara pertama yang perlu dilakukan calon pemudik ialah melakukan pendaftaran dengan membukan link www.mudikhubdat2022.com. Langkah selajutnya, melakukan login dan mengisi data secara lengkap.

Setelah itu, calon pemudk perlu lakukan verifikasi serta validasi sistem untuk mendapatkan QR e-tiket. 

Jangan lupa mengunduh dan mencetak QR e-tiket apabila telah mendapatkannya. Langkah selanjutnya ialah menyiapkan KTP, Kartu Keluarga dan bukti vaksin.

Bawa sejumlah syarat tersebut ke lokasi registrasi agar mendapatkan nomor bus. Setelahnya, calon pemudik bisa menikmati mudik gratis 2022 bersama Kemenhub ke kampung halaman.

Artikel Terkait