Mulai Hari Ini Dishub Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Selatan

Rekayasa lalu lintas di Jakarta Selatan dilakukan karena terdapat banyak perkerjaan perbaikan dan galian di kawasan tersebut

Mulai Hari Ini Dishub Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Selatan
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Dinas Perhubungan akan melakukan rekayasa lalu lintas di Jakarta Selatan. Langkah ini dilakukan karena akan dilakukan pekerjaan pemasangan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Gandul Kemang serta jaringan pipa air bersih.

Pekerjaannya sendiri akan dilakukan cukup lama yaitu mulai tanggal 21 November 2022 hingga 21 November 2023. Lamanya waktu pekerjaan karena harus dilakukan secara bertahap dan satu persatu.

“Pekerjaan SKTT berlokasi di jalan Pangkalan Jati, jalan Margasatwa, jalan raya Cilandak KKO, jalan TB Simatupang dan jalan Warung Jati Barat," kata Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Photo : @hidayat_adi

Dilansir dari Antara, jenis pekerjaan yang dilakukan yakni pengeboran (drilling horizontal directional), pemasangan gorong-gorong di penutup lubang jalan (manhole), perbaikan atau reinstatement bekas galian dan penarikan kabel antar "manhole".

Nantinya pekerjaan akan menggunakan satu lajur menyesuaikan kondisi lapangan dengan memaksimalkan area di luar badan jalan yang diperkirakan mengalami penyempitan.

"PT. Centra Multi Elektrindo selaku pelaksana pekerjaan SKTT bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamatan serta keamanan pengguna jalan (motorized dan unmotorized) di lokasi pelaksanaan pembangunan," tuturnya.

Tak hanya itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga akan memasang sambungan rehabilitasi jaringan pipa air bersih dan optimasi jaringan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan. Pekerjaan ini bekerjasama dengan PT. Kalirandoe Jaya Abadi selaku pelaksana.

Baca juga : Pembangunan Jalur Sepeda di DKI Jakarta Dihentikan

Sambungan itu dipasang di jalan Kuningan Mulia yakni empat titik A,B,C dan D yang dilakukan mulai tanggal 14 November 2022 hingga 31 Desember 2022. Pekerjaan akan dilakukan selama 24 jam serta akan terjadi penyempitan satu lajur.

Kemudian, jalan H.R Rasuna Said sisi Barat akan dilakukan pada satu titik lokasi selama sembilan minggu mulai tanggal 14 November 2022 hingga 14 Januari 2023 selama 24 jam.

"Pada lokasi pekerjaan terdapat dua lajur lambat, dua lajur cepat, dan satu lajur bus TransJakarta yang selama pekerjaan akan terjadi penyempitan satu lajur lambat sisi paling kiri," jelasnya.

Photo : 123rf

Lalu, jalan Gatot Subroto yang pekerjaannya akan dilakukan pada satu titik lokasi terdapat dua galian secara bertahap selama dua minggu mulai 14 November 2022 hingga 25 November 2022 mulai pukul 22.00 sampai dengan 04.00 WIB.

Pada lokasi pekerjaan terdapat tiga lajur, selama pekerjaan akan terjadi penyempitan satu lajur atau pengurangan badan jalan secara bertahap dan untuk pagi hari masih dapat dilintasi oleh kendaraan.

Artikel Terkait