Pantai Selatan Jawa Boleh Jadi Jalur Alternatif Mudik Lebaran

Jalur alternatif mudik Lebaran 2022 kini ramai diperbincangkan yakni melalui pantai selatan pulau Jawa

Pantai Selatan Jawa Boleh Jadi Jalur Alternatif Mudik Lebaran
Photo: PUPR

TRENOTO – Jalur Pantai Selatan (Pansela) pulau Jawa bisa menjadi alternatif pada mudik Lebaran 2022. Hal ini guna mencegah terjadinya kemacetan panjang.

Selama ini para pemudik lebih akrab dengan jalur pantai utara (pantai utara) pulau Jawa. Sehingga jalur tersebut kerap dipadati pemudik sehingga menimbulkan kemacetan panjang.

Selain menerapkan area ganjil genap dan sistem one way, Pemerintah terus berupaya mencarikan solusi praktis bagi para pemudik. Salah satu yang tengah menjadi sorotan adalah jalur pansela.

Pansela sengaja disiapkan untuk menghadapi masyarakat yang hendak mencari alternatif rute mudik Lebaran 2022. Jaringan infrastruktur terus dipersiapkan agar perjalanan mudik bisa lancar tanpa halangan.

“Kami melakukan perjalanan dari Jakarta hingga Banjar Patroman. Kami melihat jaringan jalan sudah bagus dan pasti kita temukan beberapa kegiatan yang diperlukan langkah-langkah tertentu,” kata Djoko Sasono, Sekretaris Jenderal Kementrian Perhubungan dikutip dari laman resmi Kemenhub.

Photo : PUPR

Ia menambahkan bahwa terdapat beberapa titik potensi kemacetan seperti pasar tumpah di kawasan Limbangan dan Pasar Malangbong di Kabupaten Garut. Pihaknya akan melakukan evaluasi perjalanan sehingga Pansela benar-benar bisa menjadi jalur alternatif mudik Lebaran 2022.

“Saya mengharapkan paling tidak 20 persen para pemudik bisa beralih ke pansela. Maka beban di jalur tengah dan pantura bisa sedikit berkurang,” jelasnya kemudian.

Lebih lanjut dikatakan jalur pansela yang menghubungkan wilayah paling barat di pulau Jawa hingga area paling timur sudah siap digunakan. Pemudik dengan tujuan Jawa Tengah hingga Timur bisa memanfaatkan pansela.

Photo : Kementerian PUPR

Titik potensi kemacetan pada jalur pansela disebutkan telah disiapkan beberapa strategi. Hal ini diungkapkan oleh Denny Michel Adlan, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX.

“Di Pasar Limbangan, rencananya akan dilakukan kanalisasi berupa pemasangan water barrier dan traffic cone untuk sterilisasi angkot ngetem. Untuk penyebrangan masyarakat setempat, akan diberlakukan one way sepenggal,” tuturnya.

Jalur pansela sendiri dikatakan bisa menjadi alternatif ke beberapa wilayah pulau Jawa. Namun dikatakan sebagian jalan hanya bisa ditempuh oleh mobil pribadi.

Terdapat beberapa jalan yang tidak disarankan untuk dilalui bus ataupun truk.

Artikel Terkait