Penjualan Mobil Indonesia Terbanyak di ASEAN

Indonesia berada di posisi pertama penjualan mobil dibandingkan seluruh negara ASEAN atau Asia Tenggara

Penjualan Mobil Indonesia Terbanyak di ASEAN
Photo: Trenoto

TRENOTO – Luas wilayah yang besar dan jumlah peduduk yang cukup padat, membuat penjualan mobil di Indonesia berada di posisi pertama dari seluruh negara ASEAN atau Asia Tenggara.

Dari data yang dibagikan Asean Autofed terlihat angka penjualan mobil sepanjang Januari hingga Oktober 2021 mencapai 703,089 unit. Angka tersebut meningkat hingga 67 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Penjualan terbesar berhasil dicapai pada Maret 2021. Dari data tersebut di atas, penjualan mobil tertinggi di Indonesia berada di angka 84.915 unit pada bulan ketiga, disusul september dengan penjualan 84,121 unit.

Negara dengan penjualan terbesar kedua berhasil diperoleh Thailand dengan penjualan 596.393 unit untuk periode yang sama tahun ini. Berhasil menjual 382.379 unit kendaraan, Malaysia berada di posisi selanjutnya.

Mengalami kenaikan 15.7 persen dibandingkan tahun lalu, penjualan mobil di ASEAN mencapai 2.173.724 unit sepanjang Januari hingga Oktober 2021.

Prediksi Penjualan Mobil Akhir Tahun

Photo : Seven Event

Sebelumnya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) optimistis penjualan mobil di pasar domestik lebih dari 800 ribu unit hingga akhir Desember 2021.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Umum GAIKINDO Kukuh Kumara. Dalam pernyataan resminya Ia menyebut, penjualan mobil hingga akhir kuartal ketiga tahun ini lebih dari 620 ribu unit. Angka tersebut sangat dekat dengan target yang telah ditetapkan, yakni 750 ribu unit. 

“Untuk target, kami tetap, tidak mengubahnya. Dilihat dengan kondisi saat ini, kami harapkan penjualan bisa tembus 800 ribu unit,” kata Kukuh.

Terdapat beberapa hal penting yang membuat penjualan mobil di Indonesia mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu, salah satunya penerapan pajak karbon sejak pertengahan Oktober 2021.

“Kami yakin tak akan ada perubahan minat pembelian dari masyarakat. Orang semua kan sudah tahu, tak ujuk-ujuk berlaku,” katanya.

Berdasarkan data resmi Gaikindo, penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) sepanjang Oktober 2021 mengalami penurunan 10,2 persen dibandingkan September 2021 karena berada di angka 75.544 unit.

Meski demikian, penjualan Oktober tahun ini mengalami kenaikan 54,1 persen dibandingkan periode yang sama 2020. Tercatat, tahun lalu penjualan hanya berada di angka 49.043 unit.

Artikel Terkait