Penyebab Rem Blong pada Kendaraan yang Patut Diwaspadai

Penyebab rem blong pada kendaraan harus diwaspadai agar tidak menyebabkan kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain

Penyebab Rem Blong pada Kendaraan yang Patut Diwaspadai
Photo: 123RF

TRENOTO – Rem adalah komponen yang sangat vital pada sebuah kendaraan. Karena rem berguna untuk menghentikan kendaraan ketika tengah melaju.

Apabila rem tidak berfungsi dengan baik misalnya, akan berdampak pada kecelakaan. Sementara di jalanan terdapat pengguna jalan lainnya sehingga bisa melibatkan orang lain.

Seperti pada kasus kecelakaan beruntun yang terjadi pagi ini Jumat, (21/01/2022). Di mana satu unit truk tronton mengalami rem blong dan melibatkan banyak kendaraan di depannya.

Agar bisa berfungsi dengan baik, rem harus mendapat perawatan berkala. Dilansir dari situs resmi Suzuki Indonesia, TrenOto merangkum penyebab rem blong pada kendaraan.

Penyebab Rem Blong

Sejatinya penyebab rem blong pada kendaraan bermacam-macam. Mulai dari kampas rem hingga piston (rem cakram) atau mekanismenya mengalami masalah.

Pada umumnya baik piston maupun kampas rem rusak karena faktor usia. Oleh karena itu disarankan untuk pemilik kendaraan melakukan pemeriksaan berkala saat telah menempuh jarak 10 ribu kilometer.

Photo : 123RF

Pada rem kendaraan model cakram, penyebab lain yang bisa timbul adalah tersumbatnya minyak rem. Kondisi minyak rem dan selangnya itu sendiri harus selalu di cek.

Hal ini dikarenakan diameter selang rem cukup kecil. Sehingga rentan mengalami penyumbatan akibat benda lain yang masuk ke dalamnya.

Artikel Terkait